Hadiri Launching Integrated Farming BAZNAS, Ini Kata Bupati Loekman

Redaksi 182 views
Read Time1 Minute, 37 Seconds

KARYANASIONAL.COM – Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menghadiri launching program Integrated Farming (Pertanian Terpadu) yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kampung Rukti Endah, Kecamatan Seputih Raman, Jumat (25/10/2019).

Ketua Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS Pusat, Ajat Sudrajat mengatakan, misi utama program tersebut adalah pemberdayaan dan proteksi peternak maupun petani. ”Dengan begitu, petani dan peternak bisa menghadapi setiap permasalahan, khususnya di bidang sarana dan prasarana, kepastian usaha resiko harga, kegagalan panen, praktik ekonomi dengan biaya tinggi, dan antisipasi perubahan iklim, dengan tepat,” jelasnya.

Dijelaskannya, sistem pertanian terpadu adalah satu sistem yang menggunakan ulang atau mendaur ulang, menggunakan tanaman dan hewan sebagai mitra, guna menciptakan suatu ekosistem yang saling terhubung, meniru cara alam bekerja.

”Yang kami berikan adalah indukan, sehingga nanti bisa dikembangkan. Semoga program ini bisa mengembangkan bidang pertanian dan peternakan di Lampung Tengah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Lampung Tengah Hi Sutrisno mengatakan, lembaga itu berinisiatif menjadi bagian dari solusi persoalan petani dan peternak. ”Hadirnya program ini, merupakan cara lain penyaluran zakat yang mengadopsi integrated farming. Jadi penerima bantuan bisa langsung menjalankan manfaat,” ungkapnya.

Terpisah, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto mengatakan, integrated farming adalah program yang sangat bermanfaat. Dikatakannya, pertanian terpadu menjadi solusi peningkatan kualitas mutu produksi pertanian, baik secara kualitas dan kuantitas, serta menjadi jawaban dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para petani.

”Bidang pertanian menjadi konsentrasi dari Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah. Namun, aspek lainnya yang tak kalah penting adalah segi pemberdayaan. Harus pula ditingkatkan kemampuan petani dan peternak, lewat pendidikan dan pelatihan. Mari bersama-sama kita bangun Lampung Tengah ke arah sejahtera,” ajak Bupati.

Dalam kegiatan itu juga diberikan bantuan secara simbolis, berupa kambing ternak, sembako dan modal usaha sayur, yang diserahkan langsung Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto kepada perwakilan petani dan peternak. Rinciannya, 282 ekor kambing, 110 paket sembako, dan 5 penerima modal usaha sayur.

Tampak hadir dalam acara itu, anggota BAZNAS Pusat Prof Mundzir Suparta, M.A, anggota DPR RI Komang Koheri, beberapa kepala OPD pendamping, dan Camat Seputih Raman Eko Danarto. (dra)

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Next Post

Presiden Jokowi Lantik 12 Wamen di Istana

KARYANASIONAL.COM – Presiden Joko Widodo melantik para […]
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }