Peringati Hari Pahlawan, ini Pesan Bupati Tanggamus

KARYANASIONAL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus menggelar Upacara Bulanan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2019, di Lapangan Merdeka Kota Agung, Senin (11/11/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, dan sebagai Komandan Upacara Kapten Inf. Juliani Abri.

Upacara dihadiri oleh Wakil Bupati Hi. AM. Syafi’i, Forkopimda Tanggamus, Kepala BNN Provinsi Lampung, Sekretaris Daerah Kabupaten, para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Ketua TP PKK Tanggamus, Ketua DWP Tanggamus, Kepala BNN Tanggamus, dan Veteran Pejuang Kemerdekaan RI.

Upacara sendiri diikuti oleh jajaran Kodim 0424, jajaran Polres Tanggamus, jajaran Pemkab Tanggamus, unsur Ormas, LSM, serta Pelajar di Kabupaten Tanggamus.

Bupati Dewi Handajani, yang membacakan sambutan Menteri Sosial RI menyampaikan setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momentum bersejarah dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

“Dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para Pahlawan. Sebagaimana ungkapan salah The Founding Fathers kita, Bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, dapat menjadi bangsa yang besar,” kata Bupati.

Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 ‘Aku Pahlawan Masa Kini.

“Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.”

“Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia.”

“Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju,” tandas Bupati.

Usai pelaksanaan Upacara, Bupati melakukan penyerahan dan penyematan Pin Satya Lencana kepada 60 orang PNS, yang memiliki pengabdian selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Selain itu dilakukan juga Launching Duta Anti Narkoba, Pengukuhan Forum Komunikasi Majelis Taklim (FKMT) Kabupaten Tanggamus dan Forum Komunikasi Guru Ngaji/Khotib (FKGNK) Kabupaten Tanggamus, sekaligus memberikan insentif secara simbolis kepada 1.800 Majelis Taklim, 302 orang Guru Ngaji, 302 orang Penceramah, 223 orang PPN, dan 1000 orang Marbot Masjid, serta penyerahan 3 unit Mobil Sedot Tinja.

Ziarah ke Makam Pahlawan

Usai kegiatan di Lapangan Merdeka Kota Agung, Bupati, Forkopimda serta jajaran melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia di Kota Agung Timur.

Prosesi ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, serta penempatan karangan bunga oleh Inspektur Upacara AKBP. Hesmu Baroto, SIK., serta tabur bunga ke setiap pusara para Pahlawan oleh rombongan penziarah. (Sis)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }