Lurah Imopuro Bersama Damkar Gelar Pelatihan Penanganan Kebakaran

Redaksi 239 views
Read Time1 Minute, 27 Seconds

KARYANASIONAL.COM – Upaya untuk menekan angka kebakaran yang terjadi di Kota Metro, Lurah Imopuro bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran Kota Metro, melakukan sosialisasi dan pelatihan penanganan kebakaran di halaman Damkar setempat, Rabu 04/12/2019.

Dalam kegiatan tersebut terlihat Tim dari Pemadam Kebakaran Kota Metro memaparkan materi singkat kepada peserta tentang definisi api, unsur terbentuknya, dan cara penanganannya.

Kemudian dijelaskan juga tentang jenis dan cara penggunaan alat pemadam kebakaran seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan simulasi penanggulangan kebakaran dengan menggunakan karung goni basah.

Lurah Imopuro, Nasirwan Ali dalam sambutannya mengatakan, Pentingnya melibatkan RT, RW, Linmas secara keseluruhan yang ada di Imopuro, karena merupakan aspek utama dalam upaya pencegahan kebakaran ini. Kebakaran hunian merupakan salah satu masalah sosial yang sebenarnya dapat diminimalisir bila ada partisipasi aktif warga dalam pencegahan dan penanganan.

“Selain RT, RW, Linmas, pihak kami juga mengundang dari beberapa elemen unit-unit usaha yang ada di sekitar misalnya; pengusaha karaoke, Unit Bank, pengusaha hotel, rumah sakit dan Satpam, tujuannya membekali mereka wawasan, sehingga dapat melakukan upaya pencegahan kebakaran pada lingkungan sekitar sekaligus mampu dan sigap menangani kebakaran dalam skala tertentu,”jelasnya.

Sementara itu, Kabid Linmas dan Damkar Salpol PP kota Metro, Heriyanto mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung sekaligus mengapresiasi, kegiatan yang diselenggarakan oleh Lurah Imopuro.

Diakuinya, di Kota Metro angka kejadian kebakaran sangat tinggi, terutama di masyarakat. Tercatat di tahun ini saja, ada 28-30 kali kejadian kebakaran. Kurangnya kesadaran masyarakat membakar sampah dan segala macam hingga merambat kemana-mana. Tidak hanya itu, kepedulian akan keamanan instalasi listrik juga kurang diperhatikan sehingga rawan kebakaran.

“Maka, dengan upaya penyuluhan dan pelatihan, diharapkan warga menjadi lebih peduli dan sanggup menangani kebakaran sejak tahap awal. Sehingga tingkat resiko kerugian akibat kebakaran menurun. Dan Harapan kami juga, Sosialisasi ini dapat diikuti oleh Kelurahan-kelurahan yang lain yang ada di Metro,”pungkasnya. (Wahyu)

3 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Next Post

Pemkot Metro Gelar Rapat Koordinasi Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia

KARYANASIONAL.COM – Pemerintah Kota Metro menggelar Rapat […]
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }