Sepakat! Pemprov dan DPRD Lampung Bangun Komunikasi Kerja

KARYANASIONAL.COM – Gubernur Arinal Djunaidi bersama DPRD Lampung membangun komunikasi kerja melalui diskusi bersama rencana program prioritas dan strategi pembangunan Provinsi Lampung Berjaya Tahun 2020.

Diskusi yang sinergis dan bernuansa persahabatan itu dilaksanakan di Lantai 2 Balai Keratun, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Selasa (4/2/2020).

Gubernur mengatakan, diskusi bersama DPRD telah dilakukan sejak 100 hari kerja lalu, dimana pihaknya berupaya memperkuat komunikasi dengan dewan melalui berbagai pembahasan pembangunan.

Misalnya pembangunan lingkungan hidup. Diantaranya dilakukan Gubernur dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang ramah lingkungan. Program lainnya adalah Kartu Petani Berjaya (KPB) sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan memperkuat ekonomi kerakyatan.

“Saya ingin selama satu periode ini membangun komunikasi kerja bersama DPRD Lampung. Dengan membangun kebersamaan bukan hanya sebagai lembaga eksekutif dan legislatif saja namun membangun persaudaraan dalam rencana pembangunan kedepan,” ujar Gubernur.

Menurutnya, diskusi tersebut memiliki tujuan untuk saling terbuka dan saling koreksi menyangkut program strategis pembangunan. Sejauh ini, Pemerintah Provinsi Lampung telah menetapkan Program Pembangunan Tahun 2020 dengan fokus pada pembangunan infrastruktur dan penciptaan lapangan kerja dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta melanjutkan pembangunan ekonomi untuk mengurangi kemiskinan.

“Fokus kita pada pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM), dan pembangunan infrastruktur serta pertanian,” ungkap orang nomor satu di Lampung itu.

Dalam melaksanakan pembangunan, lanjut Arinal, Pemerintah Provinsi Lampung telah berkomitmen untuk semakin intensif melakukan monitoring dan evaluasi secara periodik terhadap penyerapan anggaran dan pelaksanaan program/kegiatan.

Hal tersebut sebagai upaya nyata mendorong penguatan fungsi anggaran pemerintah sebagai penggerak perekonomian sektor riil.

Gubernur juga mengajak DPRD untuk selalu bekerja sama dan saling mendukung, dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara, terutama mencapai visi Rakyat Lampung Berjaya, kehidupan masyarakat yang aman, berbudaya, maju dan berdaya saing, serta sejahtera.

Upaya membangun sinergi tersebut, menurutnya, dapat dilakukan melalui diskusi bersama seluruh komisi dalam penyusunan perencanaan.

“Kita bangun Lampung dengan satu kesatuan yang utuh. Jauhi tindakan korupsi, kerja cepat, kerja keras dan kerja produktif. Pastikan anggaran yang tersedia diperuntukkan untuk kepentingan pembangunan dan kita wujudkan Lampung berjaya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay mengatakan bahwa antara lembaga eksekutif dan legislatif dalam pemerintahan harus berjalan beriringan dan saling menguatkan. Tujuannya agar proses pembangunan berjalan efektif dan kesejahteraan masyarakat terus meningkat.

“Kami memberikan inisiasi yang setinggi-tingginya atas acara ini, sehingga hubungan kita 5 tahun kedepan selalu mesra dan sejalan. Saya mewakili teman-teman baik komisi 1 sampai komisi 5 selalu mendukung Gubernur Arinal dalam memimpin Lampung 5 tahun kedepan,” tuturnya.

Mingrum juga mengatakan bahwa DPRD dan Pemprov adalah keluarga yang harus bersinergi.

“Kita bisa mempersiapkan politik anggaran seperti apa. Tidak ada alasan DPRD Lampung untuk tidak membantu dan mendukung Pemprov Lampung, serta berdiskusi seperti apa rencana program pembangunan Rakyat Lampung Berjaya dapat berjalan untuk mensejahterakan masyarakat,” ujarnya. (ADV)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }