Example 728x250
Bandar LampungDaerah

Warga Kelurahan Gunung Mas Antusias Normalisasi Sungai Way Kupang

414
×

Warga Kelurahan Gunung Mas Antusias Normalisasi Sungai Way Kupang

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM – Disaat Musim hujan dengan intensitas hujan lebat membuat saluran kali Way Kupang yang berada di perbatasan Kelurahan Kupang Teba Bandar Lampung, meluap dan kedangkalan sungai tersebut membuat air menjadi tinggi, sehingga mengakibatkan banjir.

Untuk mengatasi kedangkalan kalii Way Kupang tersebut, dengan antusiasnya warga bergotong-royong membersihkan kali serta mengeruk tanah dan pasir secara manual, pada Minggu (2/2/2020) lalu.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Camat Teluk Betung Selatan Ichwan Aji Wibowo dan Lurah Gunung Mas Sri Aida, yang diikuti oleh

Camat Teluk Betung Selatan Ichwan Aji Wibowo, mengatakan, Gotong royong gerebeg kali Way Kupang tadi pagi karena mengingat kali yang melintas pemukiman ini kondisinya semakin dangkal dan diperparah lagi masih ada warga yang memiliki prilaku buang sampah sembarangan ke bantaran kali, sehingga ketika turun hujan dengan itensitas tinggi kalii ini kerap meluap dan menyebabkan banjir di pemukiman warga Kelurahan Gunung Mas, ” ujarnya.

Dengan gotong royong tadi dimaksudkan sebagai upaya mengembalikan kondisi sungai Way Kupang seperti kondisi asalnya.” ungkapnya lagi.

“Kami pun berinisiatif untuk membersihkan sampah tersebut agar aliran air bisa lancar. Kegiatan ini memang harus dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya banjir,” katanya.

Kami juga mengimbau agar warga untuk tidak membuang sampah di aliran sungai,” ujarnya.

Sementara Lurah Gunung Mas Sri Aida mengatakan, aparatur pemerintahan hingga ketua RT di wilayahnya harus benar-benar memberikan pelayanan yang optimal bagi warganya. Oleh karena itu, para ketua RT pun dituntut untuk ikut serta dalam setiap kegiatan gotong royong.

“Kami adalah sebagai pelayan bagi masyarakat. Oleh sebab itu, harus siap sedia untuk turun langsung dalam kegiatan yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat. Hal itu juga sebagai bentuk dukungan atas program yang dicanangkan Pemkot Bandar Lampung,” ujarnya.

Selain itu juga para pamong berharap, minta bantuan pengerukan dari Pemkot Dinas PU, yaitu alat berat agar hasil maksimal karena Kelurahan Gunung Mas setiap hujan selalu banjir disebabkan pendangkalan sungai, sehingga Pembuangan air sungai dengan pembuangan air warga menjadi sejajar. (Helmi)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }