Langkah Cepat SBY Antisipasi Wabah DBD

Read Time55Seconds

KARYANASIONAL.COM – Penyakit demam berdarah dengue  (DBD) menewaskan Jimah (58) warga Lingkungan 8, RT 40, Kelurahan Yukumjaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah (Lamteng), Sabtu (8/2/2020).

Pedagang kue keliling tersebut sempat mendapat perawatan di RS Demang Sepulau Raya. Namun nyawanya tidak bisa diselamatkan.

Tewasnya Jimah menggugah hati Syaifudin Basuni Yukumjaya (SBY) Sekretaris Divisi Internal Keamanan Partai Demokrat Lamteng.

Dia mengambil langkah cepat dengan melakukan fogging (pengasapan) beberapa lingkungan di wilayahnya.

“Tujuannya agar penyebaran nyamuk yang mengakibatkan DBD tidak meluas dan menyerang warga,” ujarnya, Selasa (11/2/2020).

Kegiatan kemanusiaan tersebut mendapatkan sambutan, bahkan apresiasi dari warga Kelurahan Yukumjaya.

“Setelah saya mendengar ada warga yang wafat karena DBD, secepatnya menurunkan warga dan alat fogging. Selanjutnya saya kontak Puskesmas Poncowati untuk menurunkan alat fogging,” jelas Syaifudin.

Dia mengajak warga untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, dengan menutup, menguras dan menimbun (3M).

Syaifudin mengimbau agar warga secepatnya melapor bila suhu tubuh panas dan timbul gejala-gejala telah terjangkit DBD.

Saat ini, berdasarkan keterangan Kepala Lingkungan 8 dan 10, Budi Santoso, telah 16 warga Yukumjaya yang terjangkit DBD.

Dari pantauan media, sejumlah kecamatan di Lamteng yang endemik DBD di antaranya Kecamatan Gunung Sugih, Terbanggi Besar dan Anak Tuha. (HL/red)

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }