Katakan Tidak! Dengan WC Cemlung, Kata Serda Widiyanto Babinsa Koramil 426-02/Menggala

KARYANASIONAL.COM – Dalam rangka menciptakan pola hidup warga masyarakat yang bersih dan sehat, petugas kesehatan, Apartur Kampung dan Babinsa, melaksanakan operasi WC Cemlung yang masih dimiliki dan dipergunakan oleh sebagian warga masyarakat yang tinggal di kampung Gunung Tapa Tengah, Kecamatan Gedung Meneng, Sabtu (07/03/2020).

Serda Widiyanto kepada wartawan menjelaskan, kegiatan operasi terhadap WC Cemlung yang masih dimiliki dan dipergunakan oleh warga, sudah di komunikasikan dan dikoordinasikan dengan seluruh warga, dan hari ini kami dari Aparat Kampung, Tenaga Kesehatan, Babinsa dan warga masyarakat mengeksekusi WC Cemlung yang masih ada dan masih dipergunakan, dengan jalan di timbun agar tidak dipergunakan lagi.

“Mari katakan “TIDAK” dengan WC Cemlung, agar warga masyarakat hidup dengan sehat” pinta Serda Widiyanto.

Yusnadi Kepala Kampung Gunung Tapa Tengah menuturkan, bahwa masyarakatnya sudah sepakat untuk tidak menggunakan WC Cemlung,
sehingga kegiatan pemusnahan atau eksekusi kita laksanakan sekarang.

Dan mulai hari ini (07/03) Kampung Gunung Tapa Tengah menyatakan “Nol WC Cemplung” dan bagi warga masyarakatnya yang belum memiliki jamban sehat, sudah di komunikasikan dan dikoordinasikan dengan warga masyarakat, mereka bisa dan diijinkan menggunakan jamban milik tetangga kanan kirinya, tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh ibu Nurmeili petugas kesehatan, bahwa operasi WC Cemlung memang harus dilaksanakan dalam rangka mewujudkan pola hidup warga masyarakat yang bersih dan sehat.

Lanjutnya, dampak penggunaan WC Cemlung sangat tidak baik bagi warga, karena bibit penyakit (Virus, Bakteri dan Cacing) akan sangat mudah berkembang di kotoran/tinja, dan melalui lalat akan tersebar dan menjadi wabah penyakit kusunya DIARE bagi warga masyarakat, tegasnya. (Wan)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }