Bentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Sekda Tanggamus Berikan Pemahaman Masyarakat

KARYANASIONAL.COM – Usai ditunjuk sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Sekertaris Daerah (Sekda) Tanggamus Hamid H Lubis, melakukan langkah antisipasi untuk pencegahan dini merebaknya virus mematikan tersebut.

Langkah antisipasi Covid-19 ini dilakukan agar masyarakat faham apa yang harus di lakukan jika membutuhkan sesuatu terkait penangan awal untuk memberikan pertolongan pertama.

“Alahamdulilah sampai dengan hari ini Kabupaten Tanggamus masih zero kasus. Namun bukan berarti dengan zero kasus Covid-19, lalu kita tidak perlu berbuat apa-apa. Kita harus tetap konsen dan tanggap dalam memberikan masukan terhadap masyarakat di setiap sosialisasi, agar bisa memberikan pembelajaran bagaimana seharusnya menghindari penularan virus corona,” ujar Sekda Tanggamus saat dihubungi media ini via telepon selulernya, Rabu (18/3/2020).

Menurutnya, dalam penanganan Covid-19, masyarakat harus di berikan pemahaman tentang cara menghindari penularan virus tersebut, dengan bahasa yang mudah di mengerti oleh semua kalangan, dan tidak perlu dengan bahasa istilah yang asing di telinga masyarakat.

Langkah yang di sarankan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus adalah, masyarakat agar menghindari kerumunan, berinteraksi dengan oranga asing dan berperilaku hidup sehat. Karena sejatinya, tugas untuk memberikan pengertian pada masyarakat bukan hanya tugas pemerintah saja, namun tugas kita semua.

“Kami juga sudah memerintahkan setiap OPD Pemkab Tanggamus agar tanggap satu komando. Kasus ini bukan hanya tugas Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit saja, tapi ini tugas kita semua sesuai dengan SOP yang sudah menjadi kesepakatan bersama,” ungkapnya.

Diketahui, Pembentukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Tanggamus sendiri dilakukan mulai dari tingkat Pekon, Kecamatan hingga Kabupaten, dan lengkap dengan petunjuk jika membutuhkan pertolongan awal. (Opoy)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }