Example 728x250
Bandar LampungDaerah

Ketua FKTM Panjang Ingatkan Pentingnya Menjaga Kebersihan Masjid Cegah Covid-19

17
×

Ketua FKTM Panjang Ingatkan Pentingnya Menjaga Kebersihan Masjid Cegah Covid-19

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM – Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 membuat berbagai wilayah melakukan berbagai upaya untuk mencegahnya, tidak terkecuali di Kecamatan Panjang, khusus kaum muslimin diminta agar dapat selalu menjaga kebersihan khususnya di tempat ibadah seperti masjid.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Forum Komunikasi Takmir Masjid (FKTM) Panjang, Hi Ali Rahman jum’at (17/04). Menurutnya, ditengah mewabahnya isu corona, dibutuhkan peran serta semua pihak guna mengantisipasi penyebaranya.

Oleh karena itu, Selaku Ketua FKTM Panjang, dirinya menginstruksikan kepada seluruh pengurus serta takmir masjid dan tempat ibadah lain seperti mushola di Kecamatan Panjang untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan masjid.

“Sudah kita intruksikan ke seluruh pengurus masjid dan mushola se- Kecamatan Panjang agar senantiasa menjaga kebersihan masjid,” paparnya.

Masih kata Ali Rahman, semua pengurus diminta agar menjaga kebersihan karpet dan alas shalat lain secara rutin, baik dengan menggunakan penyedot debu atau alat dan bahan pembersih lainnya.

“Selain itu, tempat kebersihan wudhu dan toilet juga harus dijaga kebersihannya,” Ali Rahman.

Hal itu dilakukan, kata dia, guna melindungi jama’ah dari penyebaran virus corona (Covid-19).

“Dalam rangka menjaga agar jemaah kita tidak ada tertular maka masjid harus betul-betul bersih, ini cara kita menyelamatkan masyarakat dengan bersih-bersih,” katanya.

Ali Rahman mengatakan virus corona atau Covid-19 sangat cepat berkembang sehingga perlu dicegah salah satunya dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Dituturkanya, masjid adalah tempat ibadah yang setiap hari dipadati jemaah untuk menunaikan ibadah sholat, Sehingga kebersihannya harus dijaga sebagaimana diajarkan dalam Islam bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

“Jadi karena masjid tiap hari penuh maka harus dijaga kebersihan masjid, “An-Nadhafatu Minal Iman”  kebersihan sebagian dari iman, jadi (kegiatan) gini kita meningkatkan iman, keimanan kita dengan kebersihan,” kata dia.

READ  Ketua GRANAT Lampung Berikan Penyuluhan Anti Narkoba di Kampus UTB

Kebersihan, sambungnya, bukan hanya terlihat secara fisik dan nyata, tapi juga membersihkan masjid dari bakteri serta virus yang tidak terlihat salah satunya lewat penyemprotan cairan disinfektan.

“Cuma kebersihan sekarang bukan hanya kebersihan yang nyata tapi juga kebersihan yang mungkin tidak terlihat yaitu bakteri virus, karena itu untuk membersihkan semuanya harus pakai alat, Jadi saya anjurkan masjid-masjid selain melakukan penyemprotan disinfektan juga dapat membersihkan lantai setidak-tidaknya dengan karbol, itu murah sekali koq, hanya Rp10-15 ribu sudah bersih tuh lantai masjid,” tutupnya. (Helmi)

Example 120x600
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }