Example 728x250
Bandar LampungBerita Pilihan

Peringati Hari Lupus Sedunia di Masa Pandemi, KOL lakukan Kampanye Digital

10
×

Peringati Hari Lupus Sedunia di Masa Pandemi, KOL lakukan Kampanye Digital

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM – Hari Lupus Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Mei setiap tahunnya tak dilewatkan begitu saja oleh Komunitas Odapus Lampung (KOL).Meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung, KOL tetap lakukan kampanye tentang Lupus.

Ketua KOL Merli Susanti menyampaikan jika tahun ini KOL tidak menyelenggarakan peringatan Hari Lupus Sedunia sebagaimana biasanya. “Karena covid-19, kami berupaya untuk tetap melakukan kampanye tentang Lupus dan cara penanganannya, namun dengan tetap menjaga kesehatan”.ungkapnya.

KOL telah mengunggah video-video kampanye tentang lupus dan cara penanganannya pada kanal youtube maupun instagram. Diakui oleh Santi, sapaan akrab Merli Susanti, bahwa meskipun saat ini jumlah Orang dengan Lupus (Odapus) yang terdata oleh KOL telah mencapai lebih dari 100 orang di Provinsi Lampung, namun masih sangat sedikit masyarakat Lampung yang memahami tentang penyakit Lupus.

“Lupus memerlukan kontrol dokter secara rutin. Beberapa odapus bahkan tetap harus mengkonsumsi obat secara rutin, namun beberapa Odapus tetap bisa mengontrok keadaan kesehatannya di rumah. karena itu penting bagi kami untuk memberikan edukasi tentang penyakit Lupus juga bagaimana cara hidup bersahabat dengan Lupus khususnya pada saat pandemi seperti sekarang ini,” Jelas Santi.

Santi juga menyampaikan bahwa ada beberapa tips agar Odapus bisa tetap menjalani hidup layaaknya orang normal. “Di masa pandemi seperti ini, penting untuk menjaga kesehatan scra mandiri guna meminimalisir kunjungan ke rumah sakit. Namun jika kondisi mendesak, Odapus harus segera pergi ke fasilitas kesehatan, karena jika sudah kambuh, Lupus tidak bisa ditolerir,” ungkapnya.

Lupus merupakan penyakit autoimun. Kekebalan tubuh salah mengindentifikasi sehingga berbalik menyerang diri sendiri. Penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi pada organ manapun bahkan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kematian. KOL sendiri merupakan komunitas para Odapus dan pendamping Odapus yang telah berdiri di Provinsi Lampung sejak 2017.

READ  Jalin Silaturahmi Lurah Bumi Raya Halal Bihalal Bersama RT,LK Dan LPM

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Lupus dan cara menghadapinya, dapat mengunjungi kanal youtube Komunitas Odapus Lampung dan instagram komunitas_odapus_lampung. (Febir)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }