Example 728x250
DaerahMesuji

Dinas Pertanian Mesuji Siap Fasilitasi Poktan Petaanjames Mengelola Lahan

7
×

Dinas Pertanian Mesuji Siap Fasilitasi Poktan Petaanjames Mengelola Lahan

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM – Petani Desa Sungai Badak Kabupaten Mesuji yang tergabung dalam Kelompok Petani Anak Jawa Mesuji Milenial (Poktan Petaanjames), di musim tanam gaduh melakukan gotong royong tanam perdana menanam padi menggunakan Sistem SRI.

Saat dilokasi tanam, Nurohman selaku Ketua Poktan Petaanjames menjelaskan, sistem tanam SRI ini mungkin yang pertama kali diterapkan di Desa Sungai Badak Kecamatan Mesuji, yakni menanam benih padi saat berusia 7 hari dan ditanam satu persatu.

“Untuk saat ini lahan yang akan ditanam menggunakan sistem SRI seluas 2 hektar, dan hanya dilakukan oleh anggota kelompok tani yang tergabung di Poktan Petaanjames, yang nantinya akan menjadi evaluasi dimasa tanam yang akan datang,” ujar Nurohman, Kamis (11/6/2020).

Lanjutnya, untuk kelebihan dalam melakukan sistem tanam SRI, anaknya lebih banyak serta perawatan dan pengendalian hama lebih mudah.

“Yang lebih terpenting adalah lebih hemat biaya dalam melakukan sistem tanam SRI dan juga meningkatkan hasil tanamnya,” ungkap Ketu Poktan Petaanjames.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Pariman mengatakan, pihaknya sangat mendukung program yang di lakukan Kelompok Tani Desa Sungai Badak tersebut.

kedepan, pihaknya berjanji siap untuk membantu serta memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan kelompok tani, guna membuat kelompok lebih maju dalam mengelola lahan pertanian.

“Kita sangat mendukung dan siap membantu kelompok-kelompok tani yang ada di Kabupaten Mesuji, khususnya Poktan Petaanjames yang ada di Desa Sungai Badak. Sehingga kedepannya para petani bisa lebih meningkatkat produktifitas pertaniannya,” ungkap Pariman. (Baginda)

READ  OJK Keluarkan Peraturan Perpanjangan Kebijakan Stimulus Covid-19
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }