Example 728x250
HeadlineLampung Tengah

Hj. Ellya Pantau Kegiatan KB Keliling di Puskesmas Bandar Agung

9
×

Hj. Ellya Pantau Kegiatan KB Keliling di Puskesmas Bandar Agung

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM – Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Pemkab Lamteng) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) dan Dinas Kesehatan melakukan pengendalian penduduk melalui pelayanan kontrasepsi ditengah pandemi Covid-19.

Acara yang digelar di Puskesmas Bandar Agung Kecamatan Terusan Nunyai Lampung Tengah, Sabtu (8/8/2020), dihadiri langsung Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Lamteng, Hj. Ellya Lusiana Loekman, didampingi Kepala DPPKB Eduard Hartono, Sekretaris Dinas Kesehatan Sri Wahyuningsih, Camat Terusan Nunyai, dan Kepala Kampung Se-Kecamatan Terusan Nunyai.

Hj. Ellya mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dengan mencermati fenomena dilapangan, bahwa pandemi memberi dampak yang sangat besar terhadap berbagai sektor kehidupan masyarakat, salah satunya sektor Kesehatan dan Pelayanan KB.

“Dalam kegiatan ini kita memberikan pelayanan KB suntik kepada 30 peserta, 50 pil, dan 50 implant pada masyarakat Kecamatan Terusan Nunyai,” ujar Istri Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto ini.

Sementara itu, Kepala DPPKB Lamteng Eduard Hartono menjelaskan, pengendalian penduduk melalui pelayanan kontrasepsi dilakukan seiring dengan terjadinya penyebaran pandemi Covid-19 yang sangat cepat dan sulit untuk dideteksi, sehingga menyebabkan banyak pasangan usia subur (PUS) yang ingin ber-KB menunda ke fasilitas kesehatan (faskes) karena khawatir tertular virus corona.

Padahal, lanjut Eduard Hartono, di masa pandemi ini kontrasepsi sangat dibutuhkan seiring dengan meningkatnya intensitas kedekatan pasangan suami-istri selama masa pembatasan sosial atau isolasi mandiri di rumah.

Jika kondisi ini terus berlarut, dikhawatirkan tingkat putus pakai KB akan meningkat menyebabkan terjadi kehamilan tidak diinginkan (KTD) yang berujung pada fenomena “baby boom” atau ledakan kelahiran bayi di beberapa bulan ke depan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala DPPKB Lamteng Eduard Hartono juga telah melepas Tim Pelayanan KB Keliling untuk mencegah putus pakai kontrasepsi. Fokus kegiatan Pelayanan KB dipusatkan di Puskesmas Bandar Agung Kecamatan Terusan Nunyai.

READ  PPK Terbanggi Besar Gelar Pleno¬†DPTHP 1 dan 2

“Saya berharap melalui pelayanan KB keliling ini, akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan KB, sehingga angka putus pakai KB dapat ditekan dan kasus kehamilan yang tidak diinginkan dapat dicegah,” ungkapnya.

Pelayanan KB keliling ini pun mendapat dukungan penuh dari Dinas Kesehatan Lampung Tengah, dengan menyiapkan tenaga medis yang akan melayani KB kepada masyarakat.

Sekretaris Dinas Kesehatan Lamteng, Sri Wahyuningsih mengatakan, pelayanan KB tidak bisa berjalan dengan baik jika tidak ada koordinasi dan sinergi antara DPPKB dan Dinas Kesehatan.

“Jadi fungsi Dinas Kesehatan ini menyiapkan tenaga medis, APD dan tempat pelayanan sesuai standar. Sehingga pelayanan KB masyarakat bisa terlayani dengan baik,” ungkapnya. (red)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }