Example 728x250
DaerahLampung Tengah

Dengan Semangatnya, Ketua P3A Yukum Jaya Bersama Petani Bangun Saluran Irigrasi di Areal Persawahan Warga

20
×

Dengan Semangatnya, Ketua P3A Yukum Jaya Bersama Petani Bangun Saluran Irigrasi di Areal Persawahan Warga

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM – Guna kelancaran dan kemudahan sistem pengairan pertanian, Pemerintah Kelurahan Yukum Jaya Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) membangun saluran irigasi di daerah persawahan warga.

Program normalisasi pengairan di Desa/Kelurahan dilakukan untuk menghadapi musim kemarau agar debit air yang ke sawah dapat tersalurkan dengan baik sehingga warga Yukum Jaya yang mempunyai sawah tetap bisa menanam Padi.

Ketua Pelaksana Pembangunan dari Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Kelurahan Yukum Jaya, Suradi mengatakan, selain sebagai upaya untuk kelancaran sistem pengairan air di persawahan Kampung/Kelurahan, normalisasi pengairan ini juga dimaksud untuk mencegah ancaman banjir saat puncak musim hujan tiba.

“Hal ini dilakukan agar masyarakat petani di Kelurahan Yukum Jaya tetap bisa menanam padi saat musim kemarau,” ujar Suradi, Jum’at (14/08/2020).

Dia Menjelaskan, Pembangunan Peningkatan Jaringan Irigasi ini merupakan bantuan dari Balai Besar Pemerintah Pertanian Pusat Provinsi Lampung saat menyerap aspirasi masyarakat di wilayah setempat.

“Irigasi dibangun sepanjang 1316 meter, yang berada di dua titik, yakni di Dusun IV dan Dusun IX Kelurahan Yukum Jaya. Alhamdulillah pekerjaan saat ini sudah sekitar 70 persen. Masyarakat juga senang dengan adanya irigasi ini, semoga kedepannya Kelurahan Yukum Jaya semkain maju dalam segi perekonomian dan pembangunan, khususnya meningkatkan hasil panen para petani di Terbanggi Besar,” ungkapnya.

Bejo, salah satu warga Kelurahan Yukum Jaya yang juga pekerja mengatakan, berkat adanya Irigrasi di areal persawahan di desanya, air mengalir dengan lancar sehingga sawah teraliri dengan baik.

“Saya senang dengan dibuatnya irigasi ini, karena air mengalir dengan lancar dan sawah kami teraliri dengan baik. Sebelum adanya Irigrasi ini sawah kami selalu kesulitan dengan air,” ungkap Bejo.

READ  Ini Kata Herman HN, Sikapi Tuntutan Pimpinan Cabang IMM Bandar Lampung

Terpisah, Kepala Kelurahan Yukum Jaya, Jonni Darwin S.I.P. menambahkan, dengan adanya pembangunan saluran irigasi di kampungnya, ia berharap bisa meningkatkan hasil panen warga.

“Saya lihat sangat baik dari pembangunan irigasi ini, air mengalir dengan lancar, semoga warga saya dapat meningkatkan hasil panen mereka,” ujarnya.

Salain itu, dia juga menghimbau kepada seluruh warga Kelurahan Yukum Jaya agar dapat merawat pembangunan dan tidak membuang sampah sembarangan di saluran irigasi.

“Sampah yang menumpuk sangat mengganggu irigrasi yang berdampak pada aliran air yang akan menuju ke sawah warga,” katanya.

Ditambahkan Bejo lagi, dengan adanya Bantuan Pembangunan Irigrasi di Wilayah Pertanian Kelurahan Yukum Jaya Kecamatan Terbanggi Besar tentunya sangat membantu untuk Kemajuan Pertanian di wilayah setempat.

“Warga Kelurahan Yukum Jaya juga sangat senang dan antusias dengan adanya Bantuan Pembangunan Irigrasi ini. Masyarakat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah dari tingkat Kelurahan sampai di Pemerintahan Pusat, atas kepeduliannya terhadap masyarakat dan pertanian di wilayah Kabupaten Lampung Tengah,” ungkapnya.

“Semoga dengan adanya pembangunan Irigasi ini Pertanian kami bisa membuahkan hasil yang sangat diinginkan dan diharapkan masyarakat petani saat ini. Kami harap kedepannya selalu bertambah dalam peningkatan pembangunan atau prasarana pertanian di Kecamatan Terbanggi Besar, dan Wilayah Pertanian Kabupaten Lampung Tengah. Agar nasing-masing petani bisa nerasakan hasil panen raya nya,” pungkasnya. (Fendi/Red)

Example 120x600
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }