Tinjau Pembangunan Program Kotaku di Bandarjaya, Ini Kata Sumarsono

KARYANASIONAL.COM – Ketua DPRD Lampung Tengah (Lamteng) Sumarsono meninjau langsung pembangunan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Bandarjaya Barat dan Timur, Kecamatan Terbanggi Besar, Ju’mat (23/10/2020).

Dalam sidak tersebut, Ketua DPRD Lamteng memeriksa satu persatu kualitas bangunan drainase dan rabat beton di Bandarjaya Barat dan Timur.

Sumarsono mengatakan, peninjauan dilakukan untuk memastikan pembangunan program Kotaku di Kabupaten Lampung Tengah berjalan dengan baik dan maksimal. Sehingga manfaat dari pembangunan tersebut dapat dirasakan masyarakat.

“Tujuan sidak ini agar pembangunan program Kotaku di Lampung Tengah berjalan maksimal. Dengan begitu masyarakat bisa merasakan hasil dari pembangunan itu sendiri,” ujar Sumarsono.

Menurutnya, program pembangunan Kotaku diusulkan sejak setahun lalu saat dirinya melakukan reses atau jaring aspirasi masyarakat bersama Anggota DPR RI Bambang Suryadi.

“Alasan saya mengusulkan program Kotaku karena keterbatasan anggaran daerah. Maka kita berupaya mengajukan proposal ke pemerintah pusat, alhamdulilah sudah terealisasi,” ungkap politisi PDI Perjuangan Lamteng ini.

Hasil peninjauan tadi, Sumarsono mengaku puas dengan kualitas pembangunan drainase dan rabat beton tersebut.

“Hasilnya maksimal. Dan saya sangat senang karena pembangunan itu dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat setempat. Jadi selain mempercantik wilayah perkotaan Lampung Tengah, program Kotaku ini juga bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi warga sekitar,” katanya.

Sementara itu, pembangunan program Kotaku ini juga mendapat apresiasi dari masyarakat.

Salah satunya Aini, warga Bandarjaya Barat yang mengaku sangat senang dengan adanya program Kotaku, yang telah memperbaiki drainase di depan rumahnya.

“Saya sangat senang dengan program ini. Karena sebelum diperbaiki, drainase didepan rumah saya pasti banjir jika musim penghujan tiba. Dan aliran irigasi nya mampet sehingga menggenang ke permukiman rumah warga,” ungkapnya.

Untuk diketahui, tujuan umum program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah untuk meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan, dan mencegah timbulnya permukiman kumuh baru dalam rangka mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan. (red)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }