“MELEBUNG” Meriahkan HUT Mesuji Ke-12

KARYANASIONAL.COM – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Kabupaten Mesuji, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat menyelenggarakan lomba menangkap ikan, di dalam kolam yang sudah diisi ratusan kilo ikan sungai oleh panitia, Kamis 19 November 2020.

Diketahui, MELEBUNG merupakan kebiasaan mencari ikan dengan tangan yang di lakukan masyarakat pribumi Mesuji saat musim kemarau tiba. Melebung atau lebung adalah tempat mengumpulnya ikan di cekungan rawa yang banjir saat dimusim penghujan, dan kering dimusim kemarau.

Lomba MELEBUNG yang di laksanakan di Desa Wiralaga tepatnya halaman Kantor Camat Mesuji tersebut di buka langsung oleh Bupati Mesuji Saply, Th,. Acara juga turut dihadiri Sekdakab Syamsudin, Camat Se-Kabupaten Mesuji, para Kepala Dinas, ratusan PNS, seluruh Kepala Desa dan ratusan masyarakat Mesuji.

Dalam sambutanya, Bupati Mesuji Saply, Th, yang merupakan asli putra daerah itu mengatakan bahwa kata MELEBUNG adalah asli Bahasa Mesuji yang artinya menangkap ikan. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada semua masyarakat dan panitia yang telah bersama-sama melestarikan salah satu budaya asli Mesuji tersebut. Kedepan, acara semacam ini akan terus diadakan, karena selain menjadi ajang hiburan juga untuk menjaga serta melestarikan adat budaya di Bumi Ragab Begawe Caram.

“Dengan digelarnya acara Melebung ini saya sebagai bupati merasa bangga dan berterimakasih kepada seluruh masyarakat Mesuji yang telah bersama-sama mempertahankan sebuah budaya warisan nenek moyang. Ini adalah acara yang sangat bagus dan harus terus kita lestarikan agar tidak punah,” ajak bupati.

Selain membuka lomba Melebung, Bupati dan Sekdakab Mesuji juga membagikan ratusan paket hadiah kepada ratusan masyarakat yang hadir dengan cara memberikan pertanyan-pertanyaan kepada masarakat dan peserta lomba terlebih dahulu, bagi masyarakat dan semua peserta lomba yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar maka mendapatkan hadiah-hadiah menarik dari Bupati dan Sekdakab. (ADV/Baginda)