HPSN 2021, DPC HNSI Kota Bandar Lampung Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai dan Terapkan Prokes

KARYANASIONAL.COM – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021, DPC HNSI Kota Bandar Lampung melaksanakan kegiatan bersih – bersih pantai, Sabtu (20/02/2021) bertempat di Jl. Hi. Sulaiman II Kelurahan Keteguhan Kecamatan TBT Kota Bandarlampung.

Kegiatan yang diinisiasi oleh DPC HNSI Kota Bandar Lampung bekerjasama dengan PT. Pelindo II (Persero) Cabang Panjang dan didukung pelaksanaannya oleh KSOP Kelas I Panjang, Pol Airud Polda Lampung, Kepala KUPTD PPP Lempasing, Kadis Perikanan dan Kelautan Kota Bandar Lampung serta instansi pemerintahan yang lainnya, seperti Camat Teluk Betung Timur dan Lurah Keteguhan TBT,

Adapun bentuk Kegiatan ini Opening Ceremoni HPSN tahun 2021 Bersih – Bersih Pantai dengan Tema ” Kepedulian Laut Bersih dari Sampah, Tanggung Jawab Kita Bersama dan Menjadikan Sampah sebagai Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi,”

Nasir selaku ketua pelaksana kegiatan HPSN 2021, dalam sambutannya mengatakan, Hari peduli sampah nasional jatuh pada tanggal 21 Februari, peringatan hari peduli sampah sendiri dicanangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup untuk pertama kalinya pada tahun 2006. Peringatan hari peduli sampah ini dilatar belakangi peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari 2005, ujarnya.

Untuk itu DPC HNSI Kota Bandarlampung memberikan Edukasi dan pemahaman pentingnya bagi masyarakat, khususnya Masyarakat Pesisir dan Nelayan untuk lebih peduli menjaga kebersihan laut dan pantai dari sampah, katanya lagi.

Diharapkan kegiatan seperti ini selalu berkesinambungan, dan juga dapat menumbuhkan kesadaran khususnya bagi masyarakat pesisir dan nelayan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, tentunya dengan koordinasi dan kerjasama antara pemerintah dan seluruh masyarakat yang terjalin dengan baik. Dengan terciptanya lingkungan yang bersih dan bebas sampah tentunya kelestarian dan keseimbangan lingkungan akan terjaga, harap Nasir.

Hal senada diungkapkan Ketua DPC HNSI Kota Bandarlampung Kusaeri Suwandi, dalam rangka memperingati HPSN 2021 ini, tujuannya adalah, memberikan Edukasi dan pemahaman pentingnya bagi masyarakat, khususnya masyarakat Pesisir dan Nelayan untuk lebih peduli menjaga kebersihan dari sampah, secara khusus menjaga kebersihan laut dan pantai dari sampah, ungkap Kusaeri.

Selain itu masalah Kebersihan Laut dan Pantai dari sampah adalah masalah bersama dan merupakan tanggung jawab bersama untuk disikapinya semua pihak. Membangun pemahaman dan tindakan bersama dalam kepedulian masyarakat Pesisir dan Nelayan dengan semua pihak untuk Kepedulian Laut dan Pantai Bersih dari sampah dilaksanakan tindakan serta upaya yang sinergis dan berkelanjutan, ujarnya lagi.

Bahwa adapun kegiatan ini, dilaksanakan tetap menjaga Protokol Kesehatan sehingga dilakukan secara sederhana disekitar pemukiman masyarakat nelayan dan Pantai Kelurahan Keteguhan TBT. Oleh karenanya, kegiatan ini bukan hanya hari ini saja, namun kegiatan ini dijadikan sekedar acara pembukaan walaupun rangkaian dengan tindakan bersih-bersih sampah di pantai, akan dirangkai secara bentuk roads show secara marathon di semua titik laut dan pantai yang ada sekitaran Kota Bandar Lampung, lanjutnya lgi.

Dan secara simbolis juga ada pembagian bantuan alat – alat kebersihan dan masker untuk menjaga protokol kesehatan, yang akan dibagikan kepada perwakilan Ketua – ketua kelompok nelayan yang ada, pungkasnya. (Helmi)