Puskesmas dan Gorong-gorong Jadi Trending Topik Musrenbang Desa Kibang

KARYANASIONAL.COM – Pemerintah desa Kibang, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur, mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan RKP Desa Tahun 2022 di aula balai desa setempat, Senin (27/9/2021).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Kibang Winarno,S.AP., menjelaskan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Desa adalah forum musyawarah tahunan di tingkat desa untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan berdasarkan masukan dari RT, RW dan tokoh Masyarakat setempat.

Ada beberapa poin penting yang menjadi topik pembahasan tersebut diantara, terkait Keberadaan Puskesmas Margototo dan Kondisi gorong-gorong jalan alternatif yang menghubungkan Kota Metro dan Bandar Lampung.

“Berdasarkan masukan dari Masyarakat, Terkait keberadaan Puskesmas Margototo yang pindah ke Desa Kibang, sudah semestinya nama Puskesmas tersebut juga berubah. Misalkan, Puskesmas Kibang atau setidaknya Puskesmas Metro Kibang. Mengingat, keberadaan Puskesmas tersebut terletak di Desa Kibang,”ungkapnya.

Kemudian, terkait amblasnya gorong-gorong di Dusun V Desa Kibang, diharapakan Pemerintah Provinsi melalui dinas terkait untuk segera melakukan tindakan pembenahan guna terciptanya keselamatan dan kelancaran berlalulintas.

“Meskipun beberapa kali dilakukan penimbunan oleh warga, ketika memasuki musim hujan timbunan tersebut akan terbawa arus dan genangan air tersebut berpotensi terjadinya Lakalantas,”harapnya.

Sementara itu Camat Metro Kibang, Indra Gunawan dalam sambutannya mengatakan, dari hasil Musrenbangdes nanti akan dibahas lagi ketingkat Kecamatan untuk dapat menentukan skala prioritas pembangunan.

“Tahapan selanjutnya, akan kami diajukan ke Musrenbang tingkat Kabupaten,”ujarnya.

Di samping itu, Ia meminta kepada seluruh stakeholder yang ada, untuk terus aktif mendukung serta membantu penegakan kedisiplinan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

“Meskipun penambahan kasus positif Corona telah mengalami penurunan, tapi bukan berarti bahwa Pandemi Covid-19 sudah berakhir. Untuk itu, tetap disiplin protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tutupnya.

Pewarta: Wahyu