Menteri Sandiaga Uno Sambangi Desa Wisata Rigis Jaya Lampung Barat

KARYANASIONAL.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Rigis Jaya di Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, Rabu (29/09/2021).

Desa Wisata Rigis Jaya merupakan salah satu dari 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Tiba di Bandara Internasional Radin Inten II, Sandiaga Uno disambut oleh Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Edarwan.

Di bandara, Menteri Sandiaga dipakaikan kikat dan salendang khas Lampung.

Dalam perjalanan menuju Desa Rigis, Sandiaga mengatakan bahwa Kemenparekraf bekerjasama dengan Satgas Covid untuk mengevaluasi dan memonitor secara detail perminggu.

Bagaimana pelibatan masyarakat umum, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, influencer, youtuber, serta para pelaku media sosial untuk mengawasi.

“Jadi sekarang saya bilang pemerintah tidak bisa mengawasi sendiri. Masyarakat harus membantu mengawasi untuk mengkampanyekan protokol kesehatan di seluruh destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif. Agar lingkungan dan keluarganya terjaga.” Sandiaga Uno membeberkan.

Rumusnya untuk pariwisata bangkit itu cuma satu, menurut Sandiaga, adalah penanganan covid.

“Dan kemarin di Global Tourism Forum, Pak Presiden Jokowi mendapatkan penghargaan sebagai tokoh pariwisata dunia,” ungkapnya.

“Bukan karena Indonesia segera membuka pariwisatanya. Tapi karena kehati-hatian kita dan penanganan covid-19 kita yang dinilai oleh dunia pariwisata sebagai salah satu model penanganan yang bisa dicontoh oleh negara lain,” ujar Sandiaga.

Tiba di Desa Rigis Jaya Menteri Sandiaga Uno disambut oleh Bupati Kabupaten Lampung Barat, Parosil Mabsus. dengan arak-arakan dan tari sembah batin.

Menteri Sandiaga Uno kemudian diajak berkeliling area Kampung Kopi Rigis Jaya. Meninjau pembuatan kriya eco-print dan tapis, celugam, dan kopiah pelepah pinang.

Kemudian meninjau pengolahan kopi tradisional, pengolahan gula aren, dan pembuatan dodol kopi.

“Pecinta kopi, kalian wajib berkunjung ke Desa Wisata Rigis Jaya, yang terkenal dengan Kampung Kopi, surga bagi para penikmatnya,” Ajak Sandiaga Uno kepada pengikutnya di Instagram.

“Saya juga melihat langsung bagaimana kopi diolah menjadi suatu produk ekonomi kreatif yang bernilai tinggi dan menjadi daya tarik bagi wisatawan,” Imbuhnya.

Sandiaga, dalam kunjungannya ini, juga merasakan bagaimana semangat optimisme dari masyarakat Rigis Jaya. Bahwa Ekonomi dan Lapangan kerja akan kembali bangkit.

“Semoga bisa semakin menyejahterakan untuk masyarakat sekitar!,” harapnya.

Selepas Magrib, Menteri Sandiaga Uno dan rombongan kembali ke arah Kotabumi untuk makan malam dengan suguhan kuliner khas Lampung.

Malam ini saat berita ini diturunkan, Sandiaga Uno sedang dalam perjalanan darat menuju Palembang via Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Untuk meninjau Desa Wisata yang ada di Sumatera Selatan. (rls)