Libatkan Masyarakat Sekitar, Kemenhub Gelar Program Padat Karya

KARYANASIONAL.COM – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang, melaksanakan Program Padat Karya dengan melibatkan sebanyak 30 orang masyarakat sekitar, bertempat di Wilker Pelabuhan Teluk Betung, Jalan Ikan Kembung Teluk Betung Bandar Lampung.

Kegiatan Program Padat Karya ini berlangsung selama 4 (empat) hari dimulai dari tanggal 12-15 Oktober 2021, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Panjang, Capt. Hendri Ginting, MM mengatakan, Program Padat Karya di Wilker Pelabuhan Teluk Betung meliputi kegiatan pengecatan lapangan parkir, pengecatan pagar keliling dan pengecatan kantor beserta gudang.

“ Untuk peserta Program Padat Karya ini sebanyak 30 orang yang diambil dari masyarakat sekitar kantor yaitu masyarakat Kelurahan Pesawahan Kecamatan Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung, ” ujar Hendri, usai memberikan upah secara simbolis kepada peserta Program Padat Karya, Jum’at (15/10/2021).

Padat Karya ini juga diharapkan dapat memberi kontribusi dalam mengurangi pengangguran dan dapat membantu masyarakat miskin memperoleh pekerjaan dan penghasilan.

“Program Padat Karya menjadi salah satu program prioritas nasional tahun 2021 dan sesuai dengan arahan Presiden yang telah mengintruksikan kabinetnya untuk mendukung percepatan pengentasan kemiskinan bagi masyarakat yang terdampak pandemi,” ujarnya.

Lanjut Hendri, Tujuan utama dari program padat karya adalah untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat, terutama yang mengalami kehilangan penghasilan atau pekerjaan tetap akibat adanya Pandemi Covid-19 yang masih ada hingga saat ini. Penciptaan lapangan kerja diperlukan untuk menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran serta meningkatkan sosial dan ekonomi masyarakat. Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk hadirnya Negara atau Pemerintah di tengah masyarakat yang merupakan salah satu Program Prioritas dalam Pemulihan Ekonomi Nasional.

Perekrutan tenaga kerja Padat Karya ini dilakukan dengan mempertimbangkan dan memprioritaskan tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian khusus, telah tidak bekerja dalam waktu yang cukup lama, serta bagi masyarakat yang memerlukan pekerjaan guna menyambung kelangsungan perekonomian.

“Semoga Program Padat Karya ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang berada di sekitar Wilayah Kerja Kantor KSOP Panjang yang berada di Teluk Betung, khususnya di Kelurahan Pesawahan Bandar Lampung ini,” harapnya.

Dan untuk diketahui bahwa Kementerian Perhubungan menjadi salah satu Kementerian yang memiliki program padat karya. Jenis padat karya di sektor transportasi sendiri terdiri dari pembangunan, pemeliharaan, perbaikan serta pembersihan sarana dan prasarana transportasi, pungkas Capt. Hendri Ginting. (Helmi)