PT Bukit Asam Tbk Resmikan Pasar Kreatif ” Kampoeng Si Oke ”

KARYANASIONAL.COM – PT. Bukit Asam Tbk Pelabuhan Tarahan (PTBA Peltar) bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Lampung Selatan meresmikan Pasar Kreatif ” Kampoeng Si Oke ” ( Sidomulyo Oemboel Keong ) di Dusun Oemboel Keong II, Desa Sidomulyo Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Minggu (17/10/2021) lalu.

Peresmian ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lampung Selatan, Wakil Ketua DPRD Lampung Selatan, General Manajer PT Bukit Asam Tbk – Pelabuhan Tarahan beserta jajaran manajemen, Kepala Desa Sidomulyo beserta pamong desa, para penggerak Pasar Kreatif ” Kampoeng Si Oke” dan masyarakat disekitar Kecamatan Sidomulyo.

Para tamu disambut dengan penampilan gelar budaya, sebelum memasuki area peresmian ada penampilan pencak silat dan gamelan. Penyambutan ini merupakan salah satu agenda yang disiapkan oleh para penggerak Pasar Kreatif ” Kampoeng Si Oke ” yang menunjukkan pelestarian seni dan budaya.

Koordinator Pasar Kreatif ” Kampoeng Si Oke “, Susiyono yang lebih akrab dipanggil Bung Enchus saat menyampaikan laporan sampai tak kuat menahan haru, sambil menyeka air mata, “Alhamdulillah, hari ini terbayar sudah semua kerja keras siang malam para penggerak ” Kampoeng Si Oke “. Kami merasa terharu juga bahagia, karena atas dukungan dari Kepala Desa beserta masyarakatnya dan didampingi PT Bukit Asam Tbk Pelabuhan Tarahan dari awal proses kami belajar hingga saat ini kami membuka pasar kami sendiri, ujarnya.

Awalnya tempat ini lahan kosong yang ada tempat olah raga Futsal dan Bola Volly, sekarang sudah disulap menjadi tempat keramaian didatangi pelaku UMKM menjual dagangan atau produknya. Pasar ini akan beroperasi setiap hari Minggu pagi dan akan dilengkapi dengan Wahana Game Edukasi anak-anak, ungkap Bung Enchus.

Untuk meramaikan pasar ini kami juga akan mengggelar berbagai event secara bergantian, seperti saat ini ada pertandingan Futsal, Bola Volly, Konsultasi Hukum Gratis dan Senam Sehat Bersama. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terciptanya pasar kreatif ini, terutama kepada PT Bukit Asam Tbk yang telah mendampingi kami dari awal. ” tuturnya dengan nada rasa haru.

Tak dipungkiri, sejak dari lama memang para warga khususnya pemuda di Dusun Oemboel Keong II Desa Sidomulyo berharap ada gerakan yang dapat menghidupkan perekonomian desa, terutama dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Hingga akhirnya, PT Bukit Asam Tbk Pelabuhan Tarahan melakukan binaan dan pendampingan di Dusun Oemboel Keong II.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Desa Sidomulyo, Misiran, yang mengatakan “Seperti dua kebaikan yang bertemu dan menghasilkan kebaikan lainnya” ungkapnya.

General Manager PT Bukit Asam Tbk – Pelabuhan Tarahan, Dadar Wismoko dalam sambutannya, “Kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras rekan-rekan penggiat Pasar Kreatif ” Kampoeng Si Oke “. Dapat kami lihat, betapa persiapan yang singkat ini menghasilkan karya yang luar biasa. Semoga pendampingan yang kami lakukan dapat memberi manfaat kepada para penggiat ” Kampoeng Si Oke ” khususnya dan masyarakat Desa Sidomulyo pada umumnya” harapnya saat memberikan sambutan.

Lanjutnya lagi, Kampoeng Si Oke didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan. Saat memberikan sambutan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lampung Selatan, Ketut Sukerta menyampaikan, ” Kampoeng Si Oke” merupakan suatu gerakan yang bagus, sebuah kreatifitas yang berubah menjadi penghasilan. Mendukung UKM yang ada di daerah kita, untuk itu mari bersama kita dukung para penggiat UKM dengan cara memakai produk UKM, agar UKM semakin maju, ujarnya.

Semoga dengan dukungan dari PTBA, para penggiat seni dan UKM di Sidomulyo dapat makin semangat. Sehingga harapannya ke depan, Kampoeng Si Oke dapat menjadi suatu percontohan wisata desa bagi daerah lain dan akan berkembang kreativitas baru” ungkapnya.

Acara peresmian Kampoeng Si Oke ditandai dengan penandatanganan statue berbentuk tulisan dalam bingkai oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lampung Selatan. Tak tertinggal penyerahan alat pendukung dagang (celemek) secara simbolis kepada salah satu pedagang di Pasar Kampoeng Si Oke oleh General Manajer PTBA Peltar didampingi jajaran manajemen pertanda dimulai kegiatan UKM ultra mikro.

“Lahirnya Kampoeng SI OKE merupakan tindak lanjut dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan oleh PT Bukit Asam Tbk yang sebelumnya sudah melakukan berbagai pemberdayaan masyarakat di daerah Sidomulyo. Salah satu pemberdayaan yaitu budidaya penanaman bambu diberbagai titik dan dilanjut pendampingan dalam menghasilkan produk hilirisasi bambu yang saat ini telah memberdayakan 99 orang para kelompok rentan, janda dan lansia.

Alhamdulillah, hari ini telah lahir Pasar Kreatif Kampoeng Si Oke yang bernuansa bambu yang kelak akan menjadi central produksi dan penjualan produk hilirisasi bambu. Semoga dapat memberi nilai tambah bagi masyarakat dan dijalankan secara berkelanjutan”, pungkasnya.

Untuk diketahui jika ditelusuri lebih dalam, gotong royong adalah bahan bakar di Pasar ” Kampoeng Si Oke ” ini. Dan bagi yang rindu kuliner kampung, silahkan datang langsung untuk meluangkan waktu dan menikmati aneka rasa disini. Lokasi Pasar Kuliner ” Kampoeng Si Oke ” buka setiap Minggu mulai pukul 06.00 Wib hingga 11.00 Wib, untuk warga Bandar Lampung cukup dekat dengan lokasi ini. (Helmi)