Wakil Walikota Metro Hadiri Dialog Pemuda Lintas Agama

KARYANASIONAL – Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman menghadiri sekaligus membuka Dialog Pemuda Lintas Agama Kota Metro yang diadakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Metro. Acara yang mengusung tema “Melalui penguatan sinergitas kerukunan umat beragama dikalangan kaum muda, kita pererat persaudaraan dan kebersamaan untuk membangun Metro Ceria” tersebut berlangsung di Aula LEC Kartika Metro, Selasa (28/12/2021).

Seperti diketahui bersama bahwa, kerukunan umat beragama merupakan bagian terpenting dari kerukunan nasional, dimana hal tersebut dapat terwujud apabila antar sesama umat beragama terjalin sikap yang dilandasi dengan semangat toleransi, saling pengertian, saling menghormati, dan menghargai dalam pengamalan ajaran agamanya dan bekerja sama dalam kehidupan bermasyarakat.

Masalah yang menyangkut kehidupan beragama merupakan masalah yang sangat peka dan sensitif di masyarakat, oleh karena itu kesepahaman dan kebersamaan Forum Kerukunan Umat Beragama dan Pemuda Lintas Agama merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat merusak kerukunan hidup umat beragama di Kota Metro.

Qomaru berpesan kepada para pemuda peserta dialog pemuda lintas agama, agar mengisi Kota Metro dengan nilai-nilai berfikir dan kedewasaan dalam beragama, saling menjaga Kota Metro dengan sebaik-baiknya, saling memahami perbedaan dan kekurangan, saling mengedukasi generasi kedepan dalam aspek nilai-nilai kebaikan.

Wakil Walikota Qomaru juga mengapresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut, dengan harapan kegiatan ini dapat menjadi wadah sebagai ajang untuk saling bersilaturrahmi, mempererat persaudaraan serta media dan jembatan penghubung untuk senantiasa meningkatkan hubungan yang harmonis.

“Kami berharap melalui kegiatan ini akan tercipta hubungan yang harmonis dan dinamis, rukun, dan damai diantara sesama umat beragama, yaitu hubungan yang harmonis antara sesama umat dalam satu agama, antara umat yang berbeda agama dan antara umat beragama dengan pemerintah, dapat bersinergi meningkatkan sinergitas dan kepedulian serta toleransi terhadap sesama. Mempererat tali silaturahmi dan kerjasama antar Tokoh Lintas Agama, Pemuda Lintas Agama dan Pemerintah pada umumnya dalam rangka kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara”, ujarnya.

Sementara itu ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Metro Sujino menyampaikan, rasa syukur bisa melaksanakan dialog lintas agama di penghujung tahun 2021.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mencari titik temu, bagi pemuda yang gagal memahami agama. Maka dengan dialog ini mereka dapat memahami suatu agama, karena semua agama mengajarkan kebaikan dan kerukunan,”tutupnya.

Turut hadir Kepala Kesbangpol Kota Metro, Kepala Kemenag, Ketua Umum FKUB Kota Metro, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan peserta FKUB. (Wahyu)