Legislator Demokrat Ini Bantu Warga Korban Puting Beliung dan Akan Panggil Disdik, Ada Apakah?

KARYANASIONAL – Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Lampung Tengah Toni Sastra Jaya, S.H, M.H, menyambangi sejumlah kediaman warga korban bencana alam puting beliung di Kampung Depokrejo, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah, Selasa (11/01/2022) malam.

Dalam kesempatan itu, pria yang karib disapa Bang Tosa tersebut menyerahkan bantuan pangan dan dana tali asih kepada korban bencana alam.

“Alhamdulillah malam ini kita dapat berbagi rasa, berbagi asa, dengan keluarga kita di Depokrejo yang terdampak bencana alam angin puting beliung beberapa waktu lalu. Kita serahkan sejumlah bahan pangan untuk warga, dan santunan. Semoga ini dapat membantu meringankan beban mereka, serta bisa membuat mereka tersenyum kembali,” jelasnya.

Pada saat menjumpai konstituennya itu, legislator muda ini mendapatkan aspirasi yang tak terduga. Dimana pada pertemuan dengan warga setempat, ada perwakilan wali murid yang meminta dirinya selaku wakil rakyat memanggil Dinas Pendidikan kabupaten setempat.

“Jadi tadi ada warga yang merupakan paguyuban wali murid SDN 3 Depokrejo menyampaikan hal yang membuat saya kaget. Ternyata sekolah tempat anak-anak mereka di SDN 3 Depokrejo juga tidak luput dari hempasan angin puting beliung. Selanjutnya mereka menyampaikan jika kepala sekolah setempat sudah melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan. Tapi setelah bertemu kepala bidang pembangunan di dinas pendidikan, didapati jawaban menyakitkan dari sana. Jadi oknum dinas pendidikan ini malah menyuruh warga untuk bangun sendiri, gotong royong memperbaiki sendiri sekolah itu. Sementara, imbas dari bencana alam tersebut membuat sekolah porak poranda, yang berakibat pada terhambatnya kegiatan belajar mengajar. Setelah mendapat informasi ini, saya akan ajukan ke pimpinan DPRD untuk memanggil Dinas Pendidikan (Disdik). Rasionalnya, tidak boleh pelayan pendidikan menyampaikan hal seperti itu kepada masyarakat di lingkup pendidikan. Ini preseden buruk birokrasi dunia pendidikan,” tegasnya.

Sekadar informasi, pada musibah bencana alam puting beliung di Kampung Depokrejo, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah, yang terjadi Sabtu (08/01/2022) sore, menghempaskan 38 rumah warga dan 1 sekolah dasar negeri. (Tim)