Example 728x250
DaerahHeadlineWay Kanan

Adipati Hadiri Pengukuhan Pengurus Dekranasda Way Kanan Tahun 2022

360
×

Adipati Hadiri Pengukuhan Pengurus Dekranasda Way Kanan Tahun 2022

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM – Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H,.M.M menghadiri sekaligus mengukuhkan Pengurus Dekranasda Kabupaten Way Kanan Tahun 2022 yang dilaksanakan Di Gedung Serba Guna Pemkab Way Kanan
Selasa, 25 Januari 2022.

Acara tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Staf ahli Bupati, Asisten Setdakab Way Kanan, Kepala OPD, dan Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan serta Ketua DEKRANASDA Kabupaten Way Kanan beserta Jajaran Pengurus.

Mengawali sambutannya Adipati mejelaskan bahwa Dekranasda pada dasarnya merupakan lembaga independen dan nirlaba yang bermitra dengan pemerintah dalam membina pengembangan seni kerajinan yang berbasis pada warisan budaya bangsa dan merupakan perwujudan keanekaragaman etnik yang ada.
Dengan semangat untuk menggali melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa yang pada gilirannya dapat mengangkat kualitas produk kerajinan dan meningkatkan kesejahteraan perajin, maka diperlukan pembentukan Dekranasda sampai Kabupaten/Kota.

“Dekranasda Kabupaten Way Kanan diharapkan bisa menjadi jembatan bagi kepentingan masyarakat dan mempercepat proses pembinaan dan pengembangan produk kerajinan sesuai dengan potensi budaya daerah Way Kanan,”ujar Adipati.

Dekranasda Kabupaten Way Kanan selama ini telah ikut berperan aktif dalam upaya membangun Kabupaten Way Kanan untuk menjadikan masyarakat yang unggul dan sejahtera, melalui pembinaan dan pendampingan kepada pelaku usaha IKM Kerajinan yang ada di Kabupaten Way Kanan.

Untuk kemajuan sebuah lembaga, Dekranasda Kabupaten Way Kanan harus senantiasa menjalin hubungan dengan lembaga lain, sebagai mitra kerja dalam membangun ekonomi kerakyatan, sehingga peran Dekranasda semakin penting dan dirasakan keberadaannya. Selain itu diperlukan terobosan-terobosan dan inovasi terbaru demi kemajuan dan berkembangnya kerajinan daerah agar lebih produktif untuk mengembangkan kualitas dan kuantitas produksi, sehingga hasil kerajinan dari Way Kanan bisa menjadi primadona di Provinsi Lampung.

Untuk itu sebagai upaya mewujudkan organisasi yang handal, mandiri serta memberikan manfaat untuk mengakomodir pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam sektor kerajinan daerah, Dewan Pengurus Dekranasda Kabupaten Way Kanan harus bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah, Dekranasda dan Organisasi Perangkat Daerah harus berperan aktif dalam upaya meningkatkan pembinaan pengrajin, khususnya kerajinan berbasis Sumber Daya Alam dan warisan budaya daerah, termasuk upaya untuk kesejahteraan masyarakat pengrajin daerah agar meningkat, hal ini dinilai sangat penting dalam menghadapi persaingan perekonomian global,”imbuhnya.

Dekranasda diharapkan segera melakukan pembenahan yang dirasa perlu untuk merancang program kerja yang lebih terukur, mudah direalisasikan serta bangun koordinasi dalam membangun kreativitas dan inovasi, mampu menggali potensi kearifan lokal dalam pengembangan produk unggulan, sehingga produk Industri Kecil dan Menengah kita dapat bersaing baik ditingkat lokal, nasional maupun internasional.
Terakhir, kepada para pengurus Dekranasda yang baru saja dikukuhkan, agar dapat bekerja dengan aktif, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang dibebankan.

“Demikian hal-hal yang dapat saya sampaikan, sekali lagi selamat kepada pengurus Dekranasda Kabupaten Way Kanan, semoga Dekranasda Way Kanan semakin maju dan mampu mewujudkan Way Kanan Unggul dan Sejahtera,”tutup Bupati Way Kanan. (Hifni)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }