Bupati Way Kanan Siap Bermitra Dengan PBD DPN Perkasa Way Kanan

KARYANASIONAL – Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, sambut baik keberadaan Dewan Pertukangan Nasional Perkumpulan Tukang Bangunan Indonesia (DPN Perkasa) Pengurus Bedeng Daerah (PBD) Way Kanan. Selain itu, Bupati Adipati juga siap bermitra guna menyukseskan program-progran kerja PBD DPN Perkasa Way Kanan.

Hal itu disampaikan Adipati saat menerima kunjungan pengurus PBD DPN Perkasa Way Kanan di ruang kerjanya. Adipati juga menginstruksikan PBD DPN Perkasa untuk terus menjalin komunikasi dengan Stakeholder terkait,agar apa yang menjadi harapan dapat terwujud.

Dalam kunjungannya ke Kantor Bupati Way Kanan, Pengurus DPN Perkasa PBD Way Kanan menjelaskan sejarah berdirinya DPN Perkasa.

Ketua DPN Perkasa PBD Way Kanan Untung Sanjaya melalui sekretarisnya Sayuti mengatakan,DPN Perkasa memiliki fungsi untuk peningkatan kompetensi tukang bangunan sebagai tenaga kerja terampil konstruksi melalui Program Percepatan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Indonesia yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat pada 19 Oktober 2017.

Sayuti membeberkan landasan hukum peraturan perundang-undangan jasa konstruksi untuk kegiatan DPN Perkasa mengacu pada UU No mor. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, UU Nomor 11 Tahun 2021 tentang Cipta Kerja, UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2020 Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, PP Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor : KEP. 16/MEN/2021 tentang Tata Cara Pencatatan Serikat Pekerja/Buruh.

DPN Perkasa sebagai Pembina perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan konstruksi bertanggung jawab terhadap ketrampilan, handalnya para pekerja konstruksi. Tanpa itu sekali lagi, tidak akan terbangun jembatan, jalan,gedung dan bangunan-bangunan lain. Sertifikat ketrampilan harus dipunyai tukang untuk meningkatkan keterampilan kerja, mutu bangunan.

Dirinya berharap, DPN Perkasa PBD Way Kanan dapat bermitra dengan Pemerintah Daerah Way Kanan, untuk melaksanakan sosialisasi serta pelatihan dan sertifikasi tukang bangunan di Bumi Ramik Ragom.

Peran tukang sebagai bagian dari tenaga kerja konstruksi dalam pembangunan infrastruktur di Way Kanan sangat penting. Tukang di lapangan juga menentukan kualitas bangunan. Sertifikat Itu adalah standarisasi kompetensi tenaga kerja, baik itu tukang ahli, madya maupun terampil, selain bertujuan untuk mengukur kompetensi para tenaga kerja konstruksi, sertifikasi juga akan memudahkan tenaga kerja mendapatkan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.

“Kami berterima kasih hari ini, Bupati Way Kanan bisa menerima Audiensi dengan PBD DPN Perkasa Way Kanan. Dan juga kesiapan Pemerintah Daerah untuk bermitra dalam pelatihan dan sertifikasi tukang bangunan yang ada di Way Kanan,” ujarnya. (Hifni)