Pemkab Pesibar Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023

KARYANASIONAL – Dalam rangka mengendalikan inflasi pada Pemeritah Daerah di seluruh wilayah Indonesia, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara rutin sejak Desember 2022.

Kegiatan tersebut merupakan Rakor yang telah diikuti oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pemkab Pesibar) ke-6 kalinya, dengan dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, di Gedung Sasana Bhakti Praja Lantai 3 Kemendagri, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu, Pemkab Pesibar mengikuti kegiatan Rakor secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, di ruang Media Center Gedung A Lantai 1, Komplek Perkantoran Pemkab Pesisir Barat.

Hadir mengikuti Rakor secara virtual, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Drs. Imam Habibudin, M.Si, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Zukri Amin, MP, Kabag Perekonomian dan SDA, Ariswandi, S.Sos, dan perwakilan dari (Organisasi Perangkat Daerah) OPD terkait.

Dalam arahannya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menyampaikan bahwa data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan hasil yang sangat baik di awal tahun januari di angka 5,28 %. Beliau menambahkan bahwa perolehan ini didapat berkat kerjasama yang baik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Mendagri juga menyampaikan pesan dari Presiden RI, Joko Widodo, dimana Beliau (Presiden RI) juga menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Mendagri menambahkan bahwa Presiden RI juga telah berkunjung di sejumlah daerah, sekaligus terjun langsung kelapangan

“Presiden RI juga akan berkunjung langsung kepasar untuk mengecek dan memastikan langsung harga barang pangan. Beliau (Presiden RI) juga bergembira pada kunjungan minggu yang lalu, ketika beliau (Presiden RI) berkunjung ke Sumatera Utara dan Medan, harga-harga pangan relatif terkendali, dan juga kesedian bahan pangan relatif baik,” tambah Mendagri

Diakhir arahannya, Mendagri menyampaikan pesan kepada Pemeritah Daerah untuk jangan berpuas diri, karena kita sekarang memang masih dalam keadaan dinamika global Internasional, terutama dalam Negeri yang berkaitan dengan cuaca, keadaan alam yang kurang stabil, dan lain-lain.(Rikki)