Example 728x250
HeadlineJakartaMesuji

Sukses Berikan Pelayanan Kesehatan di Mesuji, Sulpakar Terima Penghargaan UHC Award 2023 dari Kemendagri

11
×

Sukses Berikan Pelayanan Kesehatan di Mesuji, Sulpakar Terima Penghargaan UHC Award 2023 dari Kemendagri

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji dibawah Kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati Sulpakar, berhasi metaih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.

Penghargaan secara simbolis diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Tito Karnavian, di Gedung Balai Sudirman Jakarta, Selasa 14 Maret 2023.

Penghargaan tersebut diberikan karena Kabupaten Mesuji mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) dalam segmen PBPU Pemda di atas 95 persen, dan hampir seluruh masyarakat di Mesuji telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan fasilitas kesehatan secara gratis di Faskes terdekat.

Pj. Bupati Mesuji Sulpakar menyatakan, mulai saat ini tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan secara gratis di RSUD, Puskesmas maupun Fasilitas Kesehatan lainnya yang ada di Kabupaten Mesuji.

Ia menjelaskan, sesuai dengan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 6 Tahun 2018 dan Persetujuan Direktur Perluasan dan Pelayanan Kesehatan Peserta maka pendaftaran bagi penduduk yang di daftarkan oleh Pemerintah Daerah PBPU/BP, Pemkab Mesuji dapat langsung diaktifkan tanpa mekanisme Cut Off.

“Tidak ada penundaan untuk peserta PBI Pemda, kita tadi daftarkan Kepesertaan BPJS langsung aktif tidak menunggu tanggal 1 bulan berikutnya, jadi apabila masyarakat yang membutuhkan Kartu BPJS untuk pengobatan langsung mendapat pelayanan pengobatan dengan kartu BPJS,” jelas Sulpakar.

Sementara dalam sambutannya Wakil Presiden Republik Indonesia, Maaruf Amin menyampaikan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara dengan cakupan kepesertaan jaminan kesehatan yang besar, sehingga hampir seluruh penduduk Indonesia mendapat perlindungan kesehatan yang memadai.

“Teruskan dukungan bersama untuk mencapai UHC yang di targetkan RPJM 2022 – 2024 yaitu sedikit nya 98 persen dari total populasi menjadi anggota JKN,” ujarnya

READ  AKP Gigih Andri Putranto di Promosikan Jadi Kasat Reskrim Polres Lampura

Ditempat yang sama, Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy Menyampaikan beragam inovasi dan pencapaian luar biasa yang telah di raih dalam program JKN selama ini tidak lepas dari sinergi yang baik pemerintah Daerah tingkat Bupati, Walikota dan Gubernur Se-Indonesia.

“Oleh karena itu kegiatan penyerahan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi yang tulus dari pemerintah dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang telah menunjukan kerja keras dan kinerja yang luar biasa dalam melaksanakan komitmen dalam Program JKN, khususnya yang 95 persen dari warganya telah terdaftar Program JKN,” ungkapnya.

Ali Ghufron Mukti, Direktur Utama BPJS Kesehatan menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Gubernur, Walikota dan Bupati yang turut mendukung dan menjalankan komitmen dalam Program JKN yang sudah di mulai sejak tahun 2014.

Turut mendampingi Pj. Bupati Mesuji Drs. Sulpakar, M.M., dalam kegiatan tersebut di Jakarta, Kepala Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan, serta Perwakilan BPJS Kabupaten Mesuji. (rls/Baginda/red)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }