Example 728x250
HeadlineJakarta

PERDAN Gelar Diskusi Publik Bertema “Pembangunan Infrastruktur Dan Pengembangan SDM untuk Kemajuan Papua”

8
×

PERDAN Gelar Diskusi Publik Bertema “Pembangunan Infrastruktur Dan Pengembangan SDM untuk Kemajuan Papua”

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL – Sudah menjadi rahasia umum, Papua merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang jarang terjamah khususnya dari segi pembangunan dan peningkatan infrastrukturnya.

Namun seiring berjalannya waktu, telah banyak perkembangan dan kemajuan yang digadang pemerintah dalam program pembangunan.

Pembangun kini telah menjadi perhatian khusus pemerintah Indonesia untuk lebih meningkatkan Infrastruktur serta SDM khususnya untuk Provinsi Papua dan sekitarnya.

Sejumlah ahli saling memberikan penilaian dan pendapat terkait program-program yang tengah digencarkan pemerintah ini.

Salah satunya dosen UIN Raden Intan Lampung Ghulam Murtadlo, M.Pd.I, dirinya berpendapat bahwa langkah yang diambil pemerintah patut diapresiasi.

Sebab, ini adalah bagian dari implementasi pemerataan pembangunan, keadilan terutama didaerah-daerah pelosok nusantara.

Tujuannya agar peningkatan infrastruktur yang digagas oleh pemerintah dirasakan oleh masyarakat secara masif.

Sehingga masyarakat Papua merasakan kemudahan secara nyata dalam menjejaki dunia pendidikan, Infrastruktur, sarana umum, hingga perputaran ekonomi.

“Program ini akan mengubah banyak hal dalam ekonomi sosial, khususnya untuk Papua,” kata salah satu dosen Universitas PTKIN yang ada diprovinsi Lampung itu.

Menurut Ghulam, rencana kerja pemerintah pusat dinilai sudah terstruktur secara sistematis dan terukur.

Hal ini terlihat dari program tahap awal yang sudah menyediakan fasilitas publik dalam bidang pendidikan, Sosial Ekonomi dan sebagainya.

Adanya sekolah sampai perguruan tinggi di sejumlah distrik yang ada di Papua adalah salah satu bentuk kerja nyata Pemerintah.

Dengan hal itu, secara langsung pemerintah memfasilitasi generasi Papua untuk memperoleh pengetahuan dan berani mengeksplorasi gagasan.

“Selaku Akademisi, saya mengapresiasi langkah pemerintah sebagai wujud dukungan untuk memasifkan narasi-narasi yang positif terkait apa yang sudah menjadi gagasan pemerintah”, ucap Ghulam.

Dirinya mengatakan, sebuah upaya pembangunan infrastruktur dan mengembangkan SDM ditanah Papua sangat penting untuk menjadi di fokus pemerintah.

READ  Dansatgas TMMD Ke-106 Kodim 0422/LB Letkol Kav Adri Nurcahyo ST, M.Si, Bersama Warga dan Anggota Satgas Rampungkan Jalan

Tentunya hal ini mendukung program kerja pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di Indonesia khususnya daerah-daerah pelosok Nusantara yang jarang sekali terjangkau oleh pemerintah. (Edi)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }