Example 728x250
HeadlinePolitik

Terima Ratusan Bacaleg 2024, Ketua KPU Lamteng: Taati PKPU saat Berkompetisi

9
×

Terima Ratusan Bacaleg 2024, Ketua KPU Lamteng: Taati PKPU saat Berkompetisi

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL – Ratusan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari sejumlah Partai Politik di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) bakal berkompetisi di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang sesuai Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing.

Hal ini diketahui setelah sejumlah partai politik seperti PKS, PDI Perjuangan, NasDem, Demokrat, Golkar, PKB dan PSI secara resmi telah mendaftarkan Bacalegnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamteng.

Pertarungan sengit antar Bacaleg pun diprediksi bakal terjadi untuk berebut suara agar bisa duduk di kursi DPRD Lamteng yang telah disiapkan sebanyak 50 kursi legislatif di Pileg 2024 nanti.

Ketua KPU Lamteng Irawan Indrajaya menjelaskan, sejak dibukanya pendaftaran bakal calon legislatif 2024, sudah ada ratusan calon wakil rakyat yang telah didaftarkan dari sejumlah partai politik di KPU Lampung Tengah.

“Sampai saat ini sudah ada 7 partai politik yang telah mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Lamteng, seperti PKS, PDI Perjuangan, NasDem, Demokrat, Golkar, PKB dan PSI. Sementara yang belum daftar Gerindra, PPP, PAN, Perindo, dan Partai Berkarya,” terang Irawan Indrajaya saat dikonfirmasi Karyanasional melalui pesan WhatsApp nya, Sabtu (13/5/2023).

Oleh karena itu, Ketua KPU Lamteng berharap kepada semua bakal calon legislatif yang akan mengikuti pesta demokrasi lima tahunan tersebut untuk bisa mantaati Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang telah ditetapkan, dan bisa bertarung secara profesional agar terhindar dari money politic dan black campaign.

“Kalau ini semua bisa dijalankan dengan baik, maka akan terwujudnya politik yang bersih, jujur dan berkeadilan. Dengan begitu menghasilkan anggota legislatif yang mampu bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh dalam mengamanatkan jabatannya untuk masyarakat,” kata Ketua KPU.

Sementara, lanjut Irawan, bagi partai politik yang belum mendaftarkan bakal calon legislatif ditunggu sampai batas akhir pendaftaran di pertengahan Mei 2023 mendatang.

READ  Antisipasi Penyalahgunaan Narkotika Granat Metro Gelar Workshop

“Kita berharap kepada partai politik yang lain bisa segera menyusul, dimana batas waktu pendaftaran sampai 14 Mei 2023,” pungkasnya.

Berikut jumlah kursi dan daftar nama Kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah yang akan dibagi 5 Dapil untuk 50 kursi DPRD di Pemilihan Legislatif 2024:

Dapil 1 berjumlah 10 Kursi:
1. Kecamatan Gunung Sugih
2. Kecamatan Punggur
3. Kecamatan Seputih Raman
4. Kecamatan Seputih Banyak
5. Kecamatan Kota Gajah
6. Kecamatan Way Seputih

Dapil 2 berjumlah 10 Kursi:
1. Kecamatan Rumbia
2. Kecamatan Seputih Surabaya
3. Kecamatan Bandar Mataram
4. Kecamatan Bumi Nabung
5. Kecamatan Bandar Surabaya
6. Kecamatan Putra Rumbia

Dapil 3 berjumlah 11 Kursi:
1. Kecamatan Kalirejo
2. Kecamatan Bangun Rejo
3. Kecamatan Trimurjo
4. Kecamatan Bumi Ratu Nuban
5. Kecamatan Bekri
6. Kecamatan Sendang Agung

Dapil 4 berjumlah 9 Kursi:
1. Kecamatan Padang Ratu
2. Kecamatan Seputih Agung
3. Kecamatan Pubian
4. Kecamatan Selagai Lingga
5. Kecamatan Anak Tuha
6. Kecamatan Anak Ratu Aji

Dapil 5 berjumlah 10 kursi:
1. Kecamatan Terbanggi Besar
2. Kecamatan Seputih Mataram
3. Kecamatan Terusan Nunyai
4. Kecamatan Way Pangubuan

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) secara resmi mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamteng, Senin (8/5).

Partai bernomor 8 tersebut menjadi Parpol pertama yang resmi mendaftar ke KPU Lampumg Tengah.

Ketua DPD PKS Lamteng Edi Pramono menjelaskan, secara keseluruhan pihaknya resmi mendaftarkan 50 bakal calon legesilatif (Bacaleg) ke KPU Lampung Tengah yang dibagi di 5 Dapil.

“Alhamdulilah PKS Lamteng dari Dapil 1 sampai Dapil 5 mendaftarkan sebanyak 50 bakal calon legislatif. Dimana masing masing dapil 10 calon anggota legislatif dan semua telah terverifikasi, hanya diminta menambah beberapa data saja,” ujar Edi.

READ  Mediasi Sengketa Berita Di kota Metro Tahap II Gagal, Ini Tanggapan Ketua IWO dan AWPI

Selanjutnya Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Lampung Tengah mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke KPU Lamteng, Kamis (11/5/23).

Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menjelaskan, sesuai arahan dari pusat hari ini pihaknya mendaftarkan 50 Bacaleg Kabupaten.

“Kita optimis PDI Perjuangan masih solid bersama rakyat. Target kita 20 kursi dari sebelumnya 11 kursi DPRD. Kalau untuk pemberkasan Bacaleg, hanya SKCK yang belum ada, karena di Polres belum jadi,” kata Loekman.

Kemudian Dewan Pimpinan Daerah  (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Lamteng mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke KPU Lampung Tengah, Kamis (11/5/23).

Ketua DPD Partai NasDem Miswan Rodi menjelaskan, sesuai dengan jadwal dan instruksi DPP, hari ini pihaknya telah mendaftarkan 50 Bacaleg dari 5 Dapil Se-Kabupaten Lampung Tengah ke KPU, dengan target 10 kursi.

“Setelah diperiksa dan di verifikasi KPU, 50 berkas Bacaleg yang kita daftarkan dinyatakan lengkap oleh KPU, dan sudah diterima. Mudah-mudahan apa yang kita harapkan dapat terwujud, dan Bacaleg dari Partai Nasdem dapat diterima oleh masyarakat Lamteng khususnya,” terang Miswan Rodi.

Diteruskan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Lampung Tengah mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke KPU Lamteng, Sabtu (13/5).

“Pada hari ini secara serentak Partai Demokrat mendaftarkan diri ke KPU. Alhamdulilah dari hasil pemeriksaan pihak KPU, 50 berkas Bacaleg yang kita daftarkan dapat diterima,” ujar Ketua DPC Demokrat Lamteng Baroji kepada media.

Selanjutnya, DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Lamteng mendaftarkan 50 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Sabtu (13/5/2023).

Ketua DPD Partai Golkar Lamteng Musa Ahmad menegaskan bahwa targetnya menang di Pileg 2024 mendatang.

READ  DWP Dinkes Pesibar Berbagi Takjil untuk Pasien

“Target kami jelas, Golkar menang di 2024 begitu juga di DPRD Kabupaten Lampung Tengah,” ujar Musa Ahmad kepada awak media.

Setelah Partai Golkar, Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Tengah disusul oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada Sabtu (13/5/2023).

Penulis: Redaksi

 

 

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }