Example 728x250
DaerahPesisir Barat

Sekretaris Tim PPKS Pesibar Hadiri Temu Kerja Tim Percepatan Penurunan Stunting di Palembang

48
×

Sekretaris Tim PPKS Pesibar Hadiri Temu Kerja Tim Percepatan Penurunan Stunting di Palembang

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL, Pesisir Barat – Sekretatis Tim Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Pesisir Barat (Pesibar) dr. Budi Wiyono, M.H., hadir dan mengikuti kegiatan temu kerja tim percepatan penurunan stunting.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Wyndham Opi Hotel Palembang, Senin 3 Juli 2023.

Sekretatis Tim PPKS Pesibar dr. Budi Wiyono, M.H., megatakan bahwa akan menindaklanjuti hasil pertemuan di Palembang untuk akselerasi penurunan stunting di Pesisir Barat.

Dalam acara tersebut dihadiri 1120 peserta yang terdiri dari jajaran BKKBN Pusat, jajaran kemenko PMK, kementrian dalam negri, tim bapenas , ketua TPPS seluruh Kabupaten di Indonesia,Gubernur Sumatera Selatan, Bupati Banyuasin,Koordinator Penyuluh Keluarga Berencana Provinsi  .

Dalam kesempatan tersebut Hasto wardoyo memgutarakan petan penting TPPS kabupaten dalam akselerasi penurunan stunting .

Target nasional 14 persen prevalensi stunting pada tahun 2024 haris diwujudkan untuk menyongsong Indonesia maju.

Beberapa hal yang harus dioerhatikan adalah:

  • TPPS kabupaten harus bergerak konsisten dan sinergi dalam pergerakan program lenurunan stuntin
  • Ujung tombak perceptan penurunan stunting timgkat desa adalah TPK desa dengan koordinator lapangan tingkat desa adakah Kepala desa. Kepala desa memiliki peran sangat pentimg dalam usaha menurunkan stunting di desa
  • Harus ada data valid dalam majemen data stunting di tiap pekon, yang dibahs dalam rapat desa, yang dikoirdinasikan oleh camat dalam rapat yang diadakan rutin.

Sementara itu gubernur sumatera sekatan menyampaikan keberhasilan menurunkan prevalensi stunting di sumatera sekatan dari tahun 2021 sd tahun 2023 secara signifikan karena semua bupati dan OPD terkait bekerja maksimal dan sinergi.Dukungan pemerintah provinsi berupa pengatur irama gerak langkah aksekerasi secara konvergen di semua pihak terkait dan dukungan anggaran di Kabupaten oleh bupati.

Semrntara itu hal yang cukup menarik adalah penyampaian salah satu kepala desa di Lahat sumatera Selatan yang berhasil menurunkan stunting pada tingkat zero.Keberhasilan ini atas usaha semua pihak di desa dengan koordinasi aktif dan usaha aktif kepala desa, ketua TP PKK desa, Tim Pendamping Keluarga, sehingga desa mampu memcegah terjadinya stunting dengan dasar data valid  PENDATAAN KELUARGA oleh BKKBN, data ePPGGM desa dan pelaksanaan posyNdu terpadu di desa. (Dd/Rikki)

Example 120x600
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }