Bupati Agus Istiqlal Hadiri Pelantikan KBSB Pesibar Periode 2023-2028

KARYANASIONAL, Pesisir Barat – Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., menghadiri pelantikan dan pengukuhan susunan kepengurusan Keluarga Besar Sumatera Barat (KBSB) Pesibar periode 2023-2028, di GSG Selalaw, (12/09/2023)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPRD Pesibar, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Zukri Amin, M.P., Ketua Umum KBSB Provinsi Lampung, Afdi Muslim bin Muswardi Thaher, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ketua KBSB Pesibar, Nasdianto.

Dalam sambutannya Bupati, Agus Istiqlal mengatakan Pesibar yang dijuluki sebagai Negeri Para Sai Batin dan Ulama sarat dengan budaya dan tradisi yang melekat didalamnya yang dihuni oleh penduduk yang berasal dari berbagai suku dan daerah di Indonesia.

“Ada suku Lampung sebagai pribumi, Minang, Jawa, Bali, Sunda dan Batak yang tentu memiliki nilai dan karakter serta memiliki potensi tersendiri di bidang seni, ” ungkap Bupati.

Bupati menjelaskan, dalam pemerintahan daerah yang berwenang mengatur kegiatan organisasi kemasyarakatan adalah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

“Hal itu sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 11 Tahun 2019 tentang perangkat daerah yang melaksanakan urusan pemerintah di bidang kesatuan bangsa dan politik Pasal 5 Ayat 1B yaitu pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan, penyelenggaraan politik dalam negeri dan kehidupan demokrasi, pemeliharaan ketahanan ekonomi, sosial dan budaya, pembinaan kerukunan antar suku dan intra suku, umat beragama, ras dan golongan lainnya, “tandas Bupati.

Di Pesibar sendiri, lanjut Bupati, sudah banyak terbentuknya Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), diantaranya Paguyuban Rasa Sosial Jowo (Prasojo), Paguyuban Pasundan, Persatuan Batak Kasih (Perkasi), dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI).

“Dan pada hari ini kembali akan dilantik dan dikukuhkan ormas KBSB Pesibar yang harus bergandengan tangan dengan pemerintah daerah untuk dapat mewujudkan Pesibar yang amanah, maju dan sejahtera, “kata Bupati.

“Oleh karena itu, saya berharap KBSB Pesibar mampu bersinergi dan bekerjasama dengan Pemkab Pesibar untuk memberikan kontribusi yang baik dan berarti bagi kemajuan Pesibar,” pungkasnya.¬†(Rikki)