Example 728x250
Way Kanan

Hadiri Peringatan HAKORDIA Tahun 2023, Wabup Ali Rahman Ajak Semua Lakukan Langkah-Langkah Nyata Pemberantasan Korupsi Di Way Kanan

22
×

Hadiri Peringatan HAKORDIA Tahun 2023, Wabup Ali Rahman Ajak Semua Lakukan Langkah-Langkah Nyata Pemberantasan Korupsi Di Way Kanan

Sebarkan artikel ini

WAY KANAN – Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T membuka Acara Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tahun 2023 di Gedung Pusiban Pemkab Way Kanan, Kamis (07/12/2023).

Pada acara Penyuluhan Anti Korupsi dalam Rangkaian Peringatan Hakordia Tahun 2023 tersebut, Wabup Ali Rahman menyampaikan bahwa dengan tema yang diusung “Sinergi Berantas Korupsi Untuk Indonesia Maju” memiliki makna untuk membangkitkan semangat pemberantasan korupsi, sehingga diperlukan kerjasama, bahu membahu, dan saling berkolaborasi dalam upaya harmonisasi yang utuh untuk mencapai tujuan bersama yaitu Indonesia yang bebas korupsi.

Aspirasi dan keterlibatan masyarakat dalam pemberantasan korupsi akan menyelamatkan negeri dari kerusakan akibat korupsi, sehingga momentum Hakordia tersebut diharapkan dapat membangkitkan semangat pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Saya ingin mengajak kita semua untuk melakukan langkah-langkah nyata dalam pemberantasan korupsi di Kabupaten Way Kanan dengan cara mengubah perilaku koruptif menjadi perilaku jujur dimana upaya pemberantasan korupsi semestinya diarahkan pada perubahan perilaku Pemerintah dan masyarakat, yaitu menjadi perilaku yang jujur, bersih, dan berintegritas sehingga perubahan perilaku tersebut akan lebih menjamin kesuksesan kita dalam memberantas korupsi di Indonesia”, ujar Wabup Ali Rahman.

Langkah selanjutnya yang disampaikan oleh Wabup Ali Rahman, yaitu dengan membangun sinergi dan kolaborasi antar perangkat daerah dalam melakukan upaya pemberantasan korupsi. Hal tersebut dilakukan diantaranya dengan cara mengimplementasikan Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi, meningkatkan upaya pencegahan melalui program MCP KPK, melakukan pengendalian gratifikasi secara optimal dengan cara melaporkan ke Unit Pengendalian Gratifikasi jika terdapat pejabat yang mendapatkan hadiah dan terindikasi gratifikasi, memberantas pungli secara masif dan mengoptimalkan pelaporan LHKPN.

“Kita juga dapat melaukan penegakkan integritas diantaranya melalui penguatan sistem pencegahan korupsi, transparansi dalam pemberian tugas dan layanan serta mengoptimalkan sistem merit dalam kebijakan kepegawaian. Jika hal ini dilakukan, Saya yakin akan membawa dampak dalam mencegah terjadinya korupsi. Serta menggalakkan kampanye Anti Korupsi bagi seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan, baik Aparatur Pemerintah, Pelajar, Mahasiswa, Pengusaha, Pelaku Ekonomi dan seluruh Stakeholder”, lanjut Wabup Ali Rahman.

Dengan dilakukan langkah-langkah secara nyata maka korupsi yang merupakan musuh Negara dapat dilawan secara bersama-sama dan perlahan-lahan dapat diberantas.

Turut hadir Kejaksaan Negeri Way Kanan, Sekretaris Daerah Kabupaten, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bagian Setdakab, dan Pimpinan Kecamatan se-Kabupaten Way Kanan. (Hifni)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }