Example 728x250
Tulang Bawang Barat

Perintah Tiyuh Gunung Katun Malai Membuka Badan Jalan Usaha Tani Agar Bisa Mudahkan Akses Lahan Pertanian

9
×

Perintah Tiyuh Gunung Katun Malai Membuka Badan Jalan Usaha Tani Agar Bisa Mudahkan Akses Lahan Pertanian

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL – Kepalou Tiyuh Gunung Katun Malai (SAIDAN). mengajak warga atau masryakat Tiyuh gunung katun malai . untuk meperbaikkan jalan usaha tani yang mana terletak di Lokasi Rk 001 RT 001, kepalou tiyuh juga mengajak masyarakat untuk meperbaikkan jalan yang mana tidak bisa di lewati olah masyarakat yang mana mebuat jalan tersebut menjadi tidak dapat di lalui oleh warga nya.

Dalam hal tersebut saidan selaku kepalou Tiyuh gunung katun malai. Mengadakan musrembang atau musyawarah di balai tiyuh meminta kepada masryakat untuk di suwada dan Kita kerja sama.agar jalan tersebut bisa semaksimal mukin supaya kedepannya jalan tersebut bisa di mapatkan.

Sesuai peratura kita harus mengikuti apa yang telah di sampai kan oleh kementerian. sedang menatap dan menuju target menjadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045. Tentu perlu adanya perbaikan potensi sumber daya alam, serta potensi sumber daya manusia, agar dapat memaksimalkan hasil pertanian.

Potensi serapan pasar di dalam dan luar negeri terus meningkat. Namun tidak paralel dengan berbagai kendala yang dihadapi para petani di Indonesia. Mulai dari kendala alat dan mesin pertanian yang belum bisa dimanfaatkan secara optimal yang penyebabnya adalah akses menuju area persawahan atau perkebunan yang mereka miliki, masih belum memadai.

Program Jalan Usaha Tani ini yang mana terlaksanya pada tahu 2023 lalu Angaran dari dana (DD) yang diinisiasi Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian.
jalan usaha tani bertujuan mempermudah akses para petani dalam memperluas jalur distribusi hasil pertanian, serta meningkatkan pendapatan petani,” kata saidan selaku kepalou Tiyuh gunung katun malai.

Pembuatan jalan usaha tani dilakukan meliputi kawasan budidaya tanaman pangan, kawasan budidaya perkebunan, dan kawasan budidaya hortikultura. Tak ketinggalan kawasan budidaya perternakan pun termasuk didalamnya. Namun lahan yang ditetapkan sebagai memenuhi syarat, antara lain clear dan clean. Status lahan juga harus jelas dan tersedia petani penerima manfaat/ sesuai kriteria yang telah ditentukan.

READ  24 Pejabat Administrasi Pemkab Tubaba Dilantik

Akses Petani Makin Mudah Bejalan dengan tujuan pembangunan pertanian nasional yakni menyediakan pangan bagi seluruh rakyat Tiyuh gunung katun malai meningkatkan kesejahteraan petani, dan meningkatkan ekspor bahan pangan.

Tujuan tersebut dirasakan manfaatnya oleh petani yang di wilayahnya dibangun. Salah satunya ada di Dusun RK.001/RT001, Desa tiyuh gunung katun malai, Kecamatan tulang bawang udik, Kabupaten Tbb ujapnya.” (Adri Leo)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }