Example 728x250
HeadlineWay Kanan

Ribuan Warga Antri dan Antusias Datangi Bazar Tebus Beras Murah Dinas Ketahanan Pangan Way Kanan

14
×

Ribuan Warga Antri dan Antusias Datangi Bazar Tebus Beras Murah Dinas Ketahanan Pangan Way Kanan

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL – Ribuan Masyarakat Kecamatan Blambangan Umpu antri dan antusias mendatangi Bazar Tebus Beras Murah Pemerintah Kabupaten Way Kanan melalui Dinas Ketahanan Pangan di Halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat, Kamis (29/02/2024).

Diketahui bahwa, Bazar yang diselenggarakan oleh Pemkab Way Kanan melalui Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Perum Divre Bulog Lampung Utara tersebut diselenggarakan mulai hari ini Tanggal 26 Februari sampai dengan 29 Februari 2024, mulai Pukul 08.00 WIB sampai stok habis.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Riva Adi Candra menerangkan bahwa, harga beras yang dijual yaitu Rp 10.600/Kg atau Rp 53.000/zak, jumlah ketersediaan beras perhari sebanyak 2.500 Kg, dengan masing-masing Kepala Keluarga pembelian dibatasi maksimal 10 Kg atau 2 (dua) zak beras.

Untuk jadwal Bazar Gerakan Pangan Murah (GPM) hari pertama yaitu untuk masyarakat Kampung Blambangan Umpu, Kampung Lembasung dan Kampung Umpu Bhakti. Untuk hari kedua yaitu Kampung Tanjung Raja Giham, Kampung Raja Sakti dan Kampung Tanjung Sari.

Untuk Bazar hari ketiga yaitu Kampung Gunung Sangkaran, Kampung Sri Rejeki dan Kampung Segara Mider. Hari Keempat untuk masyarakat Kampung Umpu Kencana, Kampung Karang Umpu dan Kampung Sangkaran Bhakti.

“Selama 4 hari berturut-turut kami menggelar Bazar Beras di Km 2 Blambangan Umpu, dengan stok beras SPHP per hari 2 ton 2,5 ton, untuk mengantisipasi kelangkaan dan inflasi,” ungkap Kadis Riva Adi Candra.

Kadis Candra menuturkan, untuk sementara harga beras di Pasar Pasar di Kabupaten Way Kanan sedang naik dan mahal.

“Harga beras memang sedang naik per kilo sampai dengan 16 ribu hasil monev harga pasar kami kemarin,” ujarnya.

“Bagi Masyarakat, khusus Kecamatan Blambangan Umpu, jika pada saat bazar tersebut ada yang tidak kebagian disarankan untuk dapat membeli di Toko Pangan Kita (TPK) yang sudah kami bentuk bersama Bulog,” ujarnya.

“Khusus di Kecamatan Blambangan Umpu saat ini baru ada 1 TPK di kampung Bumi baru, di kecamatan Umpu Semenguk juga ada 1 di kampung Negeri Baru di Toko Soleh, insha allah dalam waktu dekat akan kami tambahkan lagi satu TPK di pasar Km2 Blambangan Umpu. Untuk harga per kg nya disesuaikan dengan HET yang sudah di tentukan pemerintah pusat melalui Bapanas yaitu Rp10.900,- per kg,” tambahnya.

“Harapan kami, semoga dengan adanya bazar GPM beras SPHP ini, dapat mengurangi beban masyarakat dalam mencukupi kebutuhan beras rumah tangganya, ditengah tengah melonjaknya harga beras saat ini,” pungkasnya. (Hifni)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }