Example 728x250
DaerahHeadlinePesisir Barat

Dinas P3AKB Pesisir Barat Sabet Tiga Penghargaan Dari BKKBN

15
×

Dinas P3AKB Pesisir Barat Sabet Tiga Penghargaan Dari BKKBN

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & Keluarga Berencana (P3AKB) Pesisir Barat mendapatkan tiga peng hargaan dari Badan Kependudukan Dan Keluarga Bencana Nasional Provinsi Lampung, di Hotel Emersia Selasa, 01/03/24.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi dalam hal ini diwakili oleh Sekda Provinsi Lampung Ir. Fahrizal Darminto, M.A.,Ketua Tim Penggerak PKK Lampung, Kepala OPD Se-Provinsi Lampung, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Kepala OPD KB Kabupaten dan Kota se-Provinsi Lampung, Para Mitra kerja utama Program Bangga Kencana Provinsi Lampung.

Penghargaan disampaikan dalam Rapat Kerja Daerah Program Bangga Kencana yang dibuka langsung oleh Sekda Provinsi, Penghargaan yang didapatkan oleh Dinas P3AKB Pesisir Barat yaitu dalam tiga kategori :

– Juara harapan III. Kategori Pencapaian KINERJA INDIKATOR UTAMA terbaik Kabupaten Kota Provinsi Lampung 2023.
– Juara harapan III. Program Bangga Kencana Kabupaten Pesisir Barat, Kategori Pengendalian Penduduk.
– Terbaik ke-4 dalam Kategori Realisasi Anggaran BOKB kabupaten Pesisir Barat.

Dalam kesempatannya Sekda Provinsi Lampung Ir. Fahrizal Darminto, M.A., mengatakan “ Melalui Rakerda ini, diharapkan dapat terbangun komitmen yang semakin kuat dan dukungan dari para pemangku kepentingan, sehingga dapat di tindaklanjuti secara operasional dan kolaboratif di tingkat lapangan.

Rakornas Program Bangga Kencana tahun ini, mengambil tema “Optimalisasi Bonus Demografi Dan Peningkatan SDM Menuju Indonesia Emas 2045”

karena memang 2045 menandai 100 tahun Kemerdekaan Indonesia. Dimana pada masa itu, jumlah penduduk Indonesia diperkirakan akan mencapai 318,9 juta jiwa dan persaingan global semakin kuat, kata dia.

hanya penduduk yang berkualitaslah yang mampu memenangkan persaingan tersebut. Jadi kuncinya adalah Kualitas SDM.

Saat ini kita sudah dan sedang memasuki era Bonus Demografi, meskipun puncaknya sudah kita lewati pada 2020 yang ditandai dengan angka ketergantungan penduduk atau dependency ratio sebesar 44,3.

Sedangkan Provinsi Lampung hampir sama Nasional, dengan DR sebesar 46. Era BD tersebut akan menutup pada tahun 2041.

Provinsi Lampung diperkirakan mendahului nasional, yaitu tahun 2037. Selanjutnya DR akan terus meningkat yang berasal dari semakin meningkatnya populasi penduduk lansia, Ucapnya.

Fenomena tersebut perlu mendapat perhatian bersama. Penduduk lansia sudah melewati masa-masa produktif. membutuhkan bantuan/perhatian dari orang lain (keluarga, sebaya, dll).

Saat jumlah penduduk lansia mencapai 9,78% dari total penduduk. Maka disinalah peran Pemerintah dan pemerintah daerah agar menjadikan para lansia tersebut sehat, mandiri dan produktif. Kata Sekda.

Sesuai arahan Presiden, bahwa Pembangunan Keluarga adalah pondasi utama tercapainya kemajuan bangsa.

Tahun 2025-2035 merupakan fase puncak Bonus Demigrafi yang harus terus dikapitalisasi. Generasi yang sehat, produktif dan berkualitas adalah Tujuan Program Bangga kencana menuju Indonesia Emas 2045 ”100 tahun Indonesia Merdeka”

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & Keluarga Berencana (P3AKB) Pesisir Barat dr. Budi Wiyono, M.H, Menyampaikan “ semoga Dinas P3AKB Pesisir Barat kedepannya bisa meningkat kwalitas kenerja yang lebih baik, Pesisir Barat mampu bersaing dengan kabupaten lainnya

Penghargaan yang kita dapat saat ini berkat kerja sama yang baik dari seluruh staf P3AKB Pesisir Barat, Ucapnya,

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }