Example 728x250
Way Kanan

Pemkab Way Kanan Tertarik dengan Pasar Tani Agro Ceria Kota Metro

486
×

Pemkab Way Kanan Tertarik dengan Pasar Tani Agro Ceria Kota Metro

Sebarkan artikel ini

WAY KANAN – Kabupaten Way Kanan akan mengadopsi program Pasar Tani Agro Ceria milik Kota Metro. Sebab, program itu sangat efektif memberdayakan masyarakat dan petani lokal.

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro menjalankan Pasar Tani Agro Ceria setiap Jumat dengan lokasi bergantian di beberapa wilayah di Bumi Sai Wawai, julukan Kota Metro.

Kepala DKP3 Kota Metro, Herry Wiratno, mengatakan progam tersebut merupakan program mingguan rutin. Baik di halaman dinas ataupun di lapangan di 22 kelurahan lain di Kota Metro.

“Tentu yang paling utama dalam program ini membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan yang aman, segar, dan mengambil hasil panen dari kelompok tani,” kata dia, Jumat (3/5/2024).

Dia menambahkan selain bisa mendapatkan bahan pangan yang segar, tentu dari sisi harga juga lebih ekonomis di kantong masyarakat.

“Seperti komoditas seperti beras yang harganya sempat meningkat dan saat ini kembali normal. Nah, tentu tujuan utama Pasar Tani Agro Ceria itu juga membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan harga terjangkau,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DKP3 Kabupaten Way Kanan, Riva Adi Chandra, mengaku sangat tertarik menerapkan program serupa di wilayah setempat.

Menurutnya, dengan mempelajari program Pasar Tani Agro Ceria milik DKP3 Kota Metro menjadi langkah taktis dalam pemberdayaan masyarakat.

“Kami akan mempelajari mengurai permasalahan pengelolaan sandang, pangan, dan papan, serta memastikan asupan gizi yang seimbang bagi masyarakat. Kami akan berkolaborasi dengan dinas terkait untuk memaparkan program di tempat kami,” kata dia.

Menurutnya, pengelolaan Pasar Tani Agro Ceria bersama para petani merupakan contoh keberhasilan dalam menciptakan pasar yang aman dan segar bagi masyarakat.

READ  Kodim dan Dinkes Waykanan Sosialisasikan Pencegahan Virus Corona

“Plus kemeriahan dan suasana yang luar biasa. Selama ini di Kabupaten Way Kanan belum ada program seperti ini. Kota Metro luar biasa, saya ingin belajar lebih dalam lagi dengan Pak Herry,” ujarnya.

Example 120x600
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }