Example 728x250
AdvertorialLampung Tengah

Wabup Ardito Wijaya Buka Acara Gebyar Literasi Kabupaten Lampung Tengah

338
×

Wabup Ardito Wijaya Buka Acara Gebyar Literasi Kabupaten Lampung Tengah

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG TENGAH – Wakil Bupati (Wabup) Lampung Tengah dr. H. Ardito Wijaya Membuka Acara Gebyar Literasi (Gerakan Indonesia Membaca 2024) “Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat”, di Gedung Sesat Nuwo Balak, Kamis (27/06/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Pusat Analisis Perpustakaan Pengembangan Budaya Perpustakaan Nasional RI, Nurhadi Saputra, S.Sos., M.Si., Perpustakaan Ahli Utama Provinsi Lampung Ratna Dewi, Para Staf Ahli Bupati, Bunda Literasi Kabupaten Lampung Tengah Hj. Mardiana Musa Ahmad, Forkopimda Lampung Tengah, Para Perangkat Daerah Lampung Tengah, Ketua DWP Lampung Tengah Ny. Armalia Kusuma Riyadi, Bunda Literasi Kecamatan Se-Kabupaten Lampung Tengah, Camat Se-Kabupaten Lampung Tengah, dan tamu undangan.

Dalam Laporannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Tengah Marwin Bastari, S.Sos. melaporkan kegiatan Gebyar Literasi Ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan semangat literasi di Lampung Tengah, meningkatkan minat baca dan budaya menulis dalam keluarga dan sekolah, taman bacaan masyarakat berbasis inklusi sosial di FKWT Berjaya, adapun beberapa jenis kegiatan Gebyar Literasi ini, dan keseluruhan peserta yang mengikuti kegiatan ini 875 peserta terdiri dari Bunda Literasi Kecamatan dan Kampung/Kelurahan, penggiat Literasi, pengelola perpustakaan, guru SD dan SMP yang ada di Lampung Tengah.

Bunda Literasi Lampung Tengah dalam sambutanya mengatakan dalam upaya meningkatkan kegiatan membaca, menulis dan taman bacaan masyarakat berbasis inklusi sosial di FKWT tentunya perlu melengkapi sarana bacaan masyarakat agar kegiatan membaca dan menulis menjadi kegiatan dan kebutuhan sehari-hari.

“Dengan adanya kegiatan ini semoga kedepannya masyarakat Lampung Tengah bisa menjadikan membaca dan menulis sebagai kebiasaan sehari-hari,” ujarnya.

Wakil Bupati Lampung Tengah dr. H. Ardito Wijaya dalam sambutanya mengatakan saya menyambut baik dan mengapresiasi atas diadakannya Gebyar Literasi Gerakan Indonesia membaca dengan slogan “membaca itu sehat, menulis itu hebat” di Kabupaten Lampung Tengah tahun 2024.

READ  Satu dari Tiga Pelaku Curas di Terminal Betan Subing Dibekuk Polisi

“Kita harus sepakat bahwa membaca adalah jendela dunia, artinya membaca merupakan sumber dari ilmu pengetahuan, dan oleh karenanya kegemaran membaca perlu dipupuk di setiap keluarga sebagai upaya terkecil kita, untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mulai dari orang terdekat kita,” ujar Ardito Wijaya.

H. Ardito Wijaya juga berharap dengan adanya gebyar literasi gerakan Indonesia membaca ini, dapat menjadi pemantik dalam mewujudkan mimpi besar kita dalam menumbuh kembangkan minat baca masyarakat Kabupaten Lampung Tengah, sehingga generasi muda Lampung Tengah dapat berperan besar dalam menyonsong generasi emas Indonesia Tahun 2045 nanti.

Masih dalam kegiatan yang sama dalam hal ini Kepala Pusat Analisis Perpustakaan Pengembangan Budaya Perpustakaan Nasional RI Nurhadi Saputra, S.Sos., M.Si. menyampaikan arahannya bahwa literasi menembus semua aspek kehidupan membentuk diri secara mendasar bagaimana cara belajar, bekerja, berkehidupan sosial serta mengembangkan keterampilan untuk berfikir kritis dan analitis.

Secara statistik siswa yang mencapai kompetensi minimum literasi pada jenjang SD sederajat 61,53%, untuk jenjang SMP sederajat 59% dan SLTA sebanyak 49,26%. Masih dalam kegiatan Gebyar Literasi di malam harinya diadakan sarasehan yang diikuti seluruh Bunda Literasi Kecamatan dan Kampung Se-Kabupaten Lampung Tengah dan diakhir kegiatan tersebut langsung diumumkan juara-juara beberapa perlombaan. (ADV)

Example 120x600
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }