Example 728x250
Way Kanan

Sekda Saipul Pimpin FGD Peta Rencana SPBE Kabupaten Way Kanan Tahun 2024

716
×

Sekda Saipul Pimpin FGD Peta Rencana SPBE Kabupaten Way Kanan Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

WAY KANAN – Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP yang juga Ketua Tim Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Way Kanan membuka Focus Group Discussion (FGD) Peta Rencana SPBE Kabupaten Way Kanan, Kamis (29/08/2024). Yang dihadiri dan diikuti secara hybrid oleh Kepala OPD dan Baagian Setdakab.

Dalam sambutannya, Sekda Saipul menyampaikan bahwa Penyelenggaraan SPBE merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mewujudkan tata Kelola pemerintahan yang baik (good governance) melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal. Dalam era digial yang terus berkembang, penerapan SPBE tidak hanya menjadi tuntutan, tetapi juga menjadi kebutuhan mendesak untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas disetiap lini Pemerintahan.

“Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik telah memberikan dasar hukum yang kuat bagi kita semua untuk melaksanakan SPBE dengan penuh komitmen. Dimana melalui peraturan ini, Pemerintah menekankan pentingnya integrasi sistem informasi, peningkatan kualitas pelayanan public, serta keterbukaan informasi yang akan mendorong partisipasi Masyarakat dalam berbagai aspek Pemerintahan”, ujar Sekda Saipul.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Koordinasi SPBE Way Kanan itu juga menyampaikan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan Bersama dalam penyusunan Peta Rencana SPBE Kabupaten Way Kanan, yaitu Keterlibatan Aktif Semua Pihak, Integrasi Sistem dan Data, Peningkatan Kapasitas SDM, Kolaborasi dan Koordinasi, serta Monitoring dan Evaluasi.

“Saya berharap kita dapat merumuskan Peta Rencana SPBE yang komprehensif dan adaptif, yang tidak hanya mematuhi regulasi tetapi juga responsive terhadap dinamika dan kebutuhan Masyarakat Kabupaten Way Kanan. Peta Rencana ini nantinya akan menjadi panduan kita dalam menjalankan SPBE secara konsisten dan berkesinambungan. Saya juga ingin mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh peserta FGD, terutama para narasumber yang telah meluangkan waktu untuk berbagi pengetahuannya. Semoga diskusi kita hari ini berjalan lancer dan menghasilkan output yang bermanfaat bagi kemajuan Kabupaten Way Kanan”, lanjutnya.

Diketahui, pada FGD tersebut disampaikan materi oleh Tenaga Ahli Gubernur Lampung Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Prof. Dr. Ir. Syopiansyah Jaya Putra, M.SIS.,IPU.,ASEAN.ENG tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Dari Level Provinsi sampai Level Kabupaten, serta Ketua Tim Penyusunan Peta Rencana SPBE, Muhamad Nur Gunawan, MBA tentang Peta Rencana (RoadMap) SPBE.

Example 120x600
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }