Example 728x250
Politik

Ketua Bawaslu Pesibar Ikuti Rakor Penyusunan Pedoman Pembentukan Pengawas TPS di Yogyakarta

1279
×

Ketua Bawaslu Pesibar Ikuti Rakor Penyusunan Pedoman Pembentukan Pengawas TPS di Yogyakarta

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) Lampung yang diwakili oleh Koordinator Divisi (Kordiv) Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan (SDMO, Diklat dan Datin) Abd Kodrat S, SH.,MH mengikuti Rapat Koordinasi Penyusunan Pedoman Pembentukan Pengawas TPS Dalam Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2024 bertempat di Merapi Merbabu Hotel Yogyakarta, Jumat – Minggu (30 Agustus s/d 1 September 2024).

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini menghadirkan Kordiv SDMO, Diklat dan Datin Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia serta perwakilan Panwaslu Kecamatan dari setiap provinsi. Selain itu juga menghadirkan narasumber eksternal seperti Bambang Eka Cahya Widodo (Ketua Bawaslu Periode 2011-2012), Endang Wihdatiningtyas (Anggota DKPP Periode 2012-2017), Nasrullah (Anggota Bawaslu Periode 2012-2017), Bagus Sarwono (Ketua Bawaslu Provinsi Yogyakarta Periode 2017-2022).

Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja didampingi Anggota Bawaslu RI Herwyn J. H. Malonda serta Kepala Biro SDM dan Umum Bawaslu RI Hengky Pramono. Dalam sambutannya Bagja menyampaikan bahwa proses rekrutmen Pengawas TPS akan dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan dan harus dilakukan dengan baik serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya Bagja menegaskan bahwa Panwaslu Kecamatan harus selalu berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten/Kota dalam proses rekrutmen Pengawas TPS. Selain itu Bagja berharap pedoman yang akan ditetapkan memenuhi kebutuhan dalam proses rekrutmen Pengawas TPS, sehingga kegiatan ini dilakukan untuk menerima masukan dari Bawaslu Kabupaten/Kota dan Panwaslu Kecamatan. Bagja juga mengingatkan Bawaslu Kabupaten/Kota agar jangan lupa melakukan pengawasan tahapan pencalonan seperti pemeriksaan kesehatan dan verifikasi administrasi bakal pasangan calon.

Example 120x600
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }