Example 728x250
Berita PilihanLampung Tengah

KKM ‘Tirta Jaya’ Rampungkan Pembangunan PAMSIMAS III 2019

367
×

KKM ‘Tirta Jaya’ Rampungkan Pembangunan PAMSIMAS III 2019

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM – Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) ‘Tirta Jaya’, Kampung Gilih Karang Jati, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah, telah merampungkan pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Tahun 2019, di Dusun 001, RT 001, kampung setempat, Selasa (14/01/2020).

Koordinator KKM Kampung Gilih Karang Jati, Wayan Budi Artha mengatakan, pembangunan PAMSIMAS merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang menelan anggaran sebesar Rp.353.000.000,- (tiga ratus lima puluh tiga juta rupiah).

“Pembangunan PAMSIMAS ini bantuan dari pemerintah pusat melalui KKM ‘Tirta Jaya’ di Kampung Gilih Karang Jati. Harapan kami, semoga dengan adanya program ini bisa memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat,” ujarnya.

Taufik, salah satu warga Kampung Gilih Karang Jati menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah pusat, khususnya Kelompok Keswadayaan Masyarakat ‘Tirta Jaya’ yang telah berupaya maksimal untuk membangun PAMSIMAS.

“Kami selaku masyarakat sangat senang dengan adanya PAMSIMAS di kampung kami. Jadi warga disini tidak akan sulit lagi mencari air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saat musim kemarau tiba. Program ini adalah solusi masyarakat untuk mencari air bersih,” ungkap Taufik mewakili masyarakat lainnya.

Untuk diketahui, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia. Program tersebut dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Program PAMSIMASĀ bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban. Dengan PAMSIMAS, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat. (Zaenal/Red)

Example 120x600
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }