Example 728x250
Bandar LampungDaerah

Tingkatkan Kompetensi Social Media Response Team, Ditjen HUBLA Gelar Bimtek Tim Media Sosial

60
×

Tingkatkan Kompetensi Social Media Response Team, Ditjen HUBLA Gelar Bimtek Tim Media Sosial

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM – Seiring berkembangnya kemajuan zaman, Kementrian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mulai menyesuaikan diri dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi secara positif. Selain itu, juga harus terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan khususnya dalam memanfaatkan media sosial, sehingga dapat membentuk citra positif Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di mata masyarakat.

Acara ini diselenggarakan melalui Bagian Organisasi dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Ditjen Hubla yang bertempat di dua lokasi yaitu di Kota Yogyakarta pada tanggal 22 September 2020 dan di Kota Magelang pada tanggal 24 september 2020. Kegiatan di Yogyakarta di buka oleh Hary Bowo Seno Putro selaku Kabag TU KSOP Kelas 1 Panjang dan di Magelang di buka oleh Andi Hartono selaku Sekertaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, dimana masing masing mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Laut.

Bimtek ini dilakukan secara berkesinambungan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan petugas kehumasan di seluruh Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. “Sejak beberapa tahun belakangan ini, penggunaan Media Sosial menjadi tren di kalangan generasi millenial.” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili oleh Andi Hartono.

Lebih lanjut Andi mengatakan, metode, sarana, dan media komunikasi konvensional sudah kurang digemari, bahkan cenderung tergerus oleh kemajuan perkembangan teknologi infomasi yang memungkinkan seseorang untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi dengan mudah dan sekejap mata dalam waktu jentikan jari melalui media sosial.

Hal senada diungkapkan Kabag TU KSOP Kelas 1 Panjang Hary Bowo Seno Putro, “ Dalam kondisi seperti sekarang ini, tentunya semua mata tertuju ke media komunikasi online, sehingga kita dituntut untuk dapat memberikan informasi secara cepat, tepat dan akurat. Terlebih lagi, untuk tetap menciptakan engagement dan keterkaitan masyarakat, informasi yang kita sampaikan juga harus memiliki kreativitas dan daya tarik yang tinggi”, terangnya.

Tim Media Sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Laut atau Social Media Response Team (SMRT) telah dibentuk sejak tahun 2018 dan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berbenah dan meningkatkan diri dalam penyelenggaraan dan pengelolaan informasi melalui media sosial. “Saya sangat mengapresiasi eksistensi Tim Media Sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Laut atau Social Media Response Team (SMRT) yang terus meningkatkan eksistensinya sejak dibentuk pada tahun 2018.” ujar Hary lagi.

SMRT memiliki peran sebagai garda terdepan dalam menyampaikan informasi positif dan juga mengcounter informasi negatif terkait kinerja Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

“Di masa yang akan daring, Social Media Response Team (SMRT) memiliki peran sebagai garda terdepan dalam menyampaikan informasi positif dan juga mengcounter informasi negatif terkait kinerja Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Apalagi di masa masih mewabahnya Pandemi Covid-19 ini, peran SMRT menjadi semakin krusial ketika masyarakat Indonesia sedang menjalani masa Adaptasi Kebiasaan Baru, di mana hampir semua kegiatan dilaksanakan secara online” pungkas Hary Bowo.

Pada Acara Bimtek kali ini juga dilakukan kegiatan Pengukuhan Koordinator SMRT Wilayah di tiap tiap provinsi, Pengumuman Pemenang Lomba Video Profil UPT Ditjen Perhubungan Laut, Pemenang Lomba Fotografi, dan Pemberian Penghargaan Kepada Akun Media Sosial UPT Teraktif dan Terbaik Tahun 2020.

Adapun peserta Bimtek Tim Media Sosial Ditjen Perhubungan Laut adalah seluruh anggota Tim Media Sosial UPT Ditjen Perhubungan Laut (Social Media Response Team /SMRT) di seluruh Indonesia, dengan menghadirkan narasumber Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo secara virtual zoom meeting, Tenaga Ahli Menteri Perhubungan bidang Komunikasi, Ahmad Thontowi Djauhari dan Praktisi Content Creator, Akhdiat. (Helmi)

Example 120x600
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }