Example 728x250
Tulang Bawang

Bimtek BPK Tulang Bawang Berjalan Sukses

322
×

Bimtek BPK Tulang Bawang Berjalan Sukses

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM,TULANG BAWANG- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosisasi Badan Pemusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (ABPEDSI) Kabupaten Tulang Bawang, Pardianto.S.Pd, mengatakan, Bimbingan Teknis (Bimtek) Badan Pemusyawaratan Kampung (BPK) Tulang Bawang berjalan lancar dan sukses.

“Alhamdulilah Bimtek BPK Tulang Bawang yang digelar selama tiga hari dua malam sejak tanggal 31 Juli- 02 Agustus 2018 di Hotel Sheraton Bandar Lampung berjalan sukses sesuai aturan yang berlaku,”ujar Ketua DPD ABPEDSI Tulang Bawang, saat dikonfirmasi Karyanasional.com lewat telepon selulernya, Minggu (05/08/2018).

Pardianto menjelaskan, dari 147 Desa yang ada Kabupaten Tulang Bawang, setidak nya ada 68 Desa yang telah menganggarkan kegiatan Bimtek tersebut dalam APBD 2018 melalui Dana Desa. Dan untuk Desa yang tidak mengikuti Bimtek BPK, kata dia, lantaran pihak Desa belum menganggarkan kegiatan Bimtek dalam Dana Desa.

“Sementara ini baru 68 Desa yang ikut dalam kegiatan Bimtek. Untuk biaya nya sendiri, perdesa dianggarkan sebesar 5 juta yang diigunakan untuk biaya transportasi, penginapan, makan dan lain-lain, sampai kegiatan Bimtek selesai.”terangnya.

Pardianto mengatakan, tujuan dari kegiatan Bimtek tersebut dilakukan agar BPK disetiap Desa masing-masing benar-benar memahami tugas pokok daripada BPK itu sendiri. Sehingga dalam menjalankan tugas
tidak menabrak aturan yang berlaku, dan
sesuai dengan juklak dan juknis nya.

Dia memaparkan, Bimtek ini juga merupakan salah satu bentuk sosialisasi untuk memberikan pelatihan dan pendampingan BPK, agar memahami tugas pokok dan pungsi nya saat menjalankan tugas BPK masing-masing.

“Tujuan pokok dari Bimtek ini agar BPK bisa bekerja sesuai aturan. Kedepan kita akan berupaya agar seluruh Desa di Tulang Bawang bisa mengangarkan kegiatan tersebut. Sehingga seluruh BPK bisa ikut Bimtek, minimal setahun sekali.”pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Tulangbawang, Hj. Winarti, SE. MH., secara resmi membuka kegiatan Bimtek Badan Pemusyawaratan Kampung (BPK) Kabupaten Tulang Bawang, di Hotel Sheraton Bandar Lampung, Selasa (31/7/18).

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kadis PMK Tulang Bawang Yen Dahren, Inpektur Tuba Pahada Hidayat, Kepala BPKAD Rustam Efendi, para anggota Forkopimda Kabupaten Tulang Bawang, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional dilingkup Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, dan Kepala APDESI Kabupaten Tulang Bawang Hi. Bambang Sumantri Ap, serta para peserta Bimtek.

Bupati Winarti mengatakan, bahwa BPK sangat mempunyai peran penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat di Kampung. Sehingga kegiatan ini merupakan satu sarana strategis guna memberikan pemahaman yang sama kepada para peserta untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan BPK.

“Untuk itu, marilah kita terus berupaya mewujudkan komitmen guna lebih memberdayakan keberadaan pemerintahan Kampung. Hal ini dilakukan agar hubungan kerja sama dan timbal balik antara aparatur dengan segenap komponen masyarakat dapat makin harmonis dan sinergis, sehingga dapat berdampak makin kokohnya proses pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten yang kita cintai ini,”pesan Bunda Winarti, sapaan akrab Bupati Tulang Bawang.

(Hartawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }