Example 728x250
Tulang Bawang

Meriahkan HUT RI Ke-73, Pemkab Tulang Bawang Gelar Lomba Tari Kreasi Lampung

21
×

Meriahkan HUT RI Ke-73, Pemkab Tulang Bawang Gelar Lomba Tari Kreasi Lampung

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM,TULANG BAWANG- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-73, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat, menggelar Lomba Tari Kreasi Lampung, di Gedung RA Kartini Menggala, Senin (6/8/2018).

Dalam Lomba tersebut, diikuti sebanyak 17 peserta dari siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Tulang Bawang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tulangbawang Yenni KU mengatakan, dalam rangka memeriahkan HUT RI 73, pihaknya menggelar kegiatan pesona seni budaya Lampung.

“Ada 17 peserta. 8 peserta tingkat SMP dan 9 peserta tingkat SMA sederajat. Lomba ini direncanakan digelar hingga, Rabu (8/8/2018) besok,”ujarnya.

Dia menjelaskan, lomba yang digelar pihaknya yakni lomba tari kreasi Lampung, lomba lagu pop Lampung, dan lomba lagu klasik Lampung. Lomba tersebut akan berlangsung hingga dua hari kedepan.

“Kita siapkan hadiah berupa tropy, piagam, dan uang binaan bagi para pemenang. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti lomba tersebut dapat mendaftarkan diri ke kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Tulang Bawang,”ungkapnya.

Yenni juga berharap, melalui kegiatan Pesona Seni Budaya Lampung dapat meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap budaya daerahnya.

“Dengan ajang ini, diharapkan dapat meningkatkan rasa kecintaan terhadap kesenian dan kearipan lokal sebagai bagian dari identitas bangsa yang perlu dipertahankan dan dibanggakan oleh generasi muda,”katanya.

Dia menuturkan, terdapat beberapa kategori dalam ajang tersebut yakni, lomba tari kreasi Lampung peserta khusus dari tingkat SMP hingga SMA se- Kabupaten Tulang Bawang, dengan kriteria penilaian kreatifitas, inovasi, wiraga, wirama, dan wirasa.

Sementara lomba lagu pop Lampung dan lagu klasik Lampung, dapat diikuti seluruh peserta dari 15 kecamatan se-Kabupaten setempat. Dia menekankan dalam kedua lomba itu, peserta dapat mengenakan pakaian berciri khas Lampung yang dimodifikasi.

READ  Tegakkan Protokol Kesehatan, Bupati Winarti Serahkan Bantuan Secara Virtual

“Untuk lomba lagu pop Lampung dan klasik Lampung peserta diharuskan membawakan satu lagu wajib dan pilihan serta petikan gitar yang telah ditentukan panitia. Peserta dibuka untuk pelajar, satker, dan masyarakat umum.”tutupnya.

(Hartawan)

Example 120x600

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }