Example 728x250
Berita PilihanLampung Tengah

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Loekman Berikan Bantuan Mesin Sedot Air dan Alat Pengusir Hama Tikus 

221
×

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Loekman Berikan Bantuan Mesin Sedot Air dan Alat Pengusir Hama Tikus 

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM, LAMPUNG TENGAH— Dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi dan kemandirian pangan dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana diamanatkan dalam nawacita Presiden RI termasuk kontribusi dari sektor pertanian, Bupati Lampung Tengah Hi. Loekman Djoyosoemarto memberikan bantuan berupa alat mesin sedot air dan alat pengusir hama tikus kepada Kelompok Tani Karya Lestari Kampung Sri Purnomo Kecamatan Kali Rejo.

“Tujuan dari bantuan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani hortikultura yang mana Kelompok Tani penerima diharapkan keberhasilan panennya, dan terjadwal setiap bulannya. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga stabilitas ketersediaan produksi dan harga,” ujar Loekman saat Panen Raya Cabai di Kampung Sri Purnomo Kali Rejo, Rabu (24/10/2018)

Loekman menjelaskan, salah satu program kedaulatan pangan adalah komoditas Cabai, yang mana komoditas ini merupakan komoditas strategis dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta tidak dapat disubtitusi dengan komoditas lain. Produksi Cabai sendiri tidak merata sepanjang tahun, dimana produksi berkurang di musim hujan yang menyebabkan harga tinggi dan produksi berlebihan di musim kering/kemarau mengakibatkan harga jatuh. Hal ini dikarenakan keterbatasan dalam hal berbudidaya Cabai.

Oleh karena itu, orang nomor satu di Bumi Beguai Jejamo Wawai ini akan memprogramkan pengembangan Cabai di Kabupaten Lampung Tengah tahun 2018 dengan alokasi lahan seluas 53 hektar. Sentra Pertanian Cabai ada di Kecamatan Bekri, Kali Rejo, Padang Ratu, Kota Gajah, Terusan Nunyai, Seputih Raman, Seputih Agung, Rumbia, dan Kecamatan Anak Tuha.

“Insya Allah tahun depan kita akan bantu Traktor dan Sumur Bor kepada Kelompok Tani Cabai, agar biaya operasional tanam Cabai mereka bisa lebih murah, sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih baik.
dan saya minta petani Cabai jangan terlena dengan hasil yang tinggi, karena kedepannnya harus mengatur jadwal tanam melalui manajemen tanam Cabai Merah,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Lampung Tengah, Rusmadi mengatakan bahwa pemerintah daerah juga dalam hal ini memberikan bantuan berupa bibit Cabai pada Kelompok Tani Cabai, dan memberikan pengawasan penanamannya sampai panen.

“Kita juga berikan bibit Cabai dan pengawasan pada petani sampai panen. Dan hari ini kita panen Cabai seluas 5 hektar di Kampung Sri Purnomo Kali Rejo, dengan rata-rata Produksi 8 -10 ton/ha, dengan harga Cabai hari ini di tingkat petani Rp. 22.000,-/kg.” pungkasnya.(Rendra)

. (Rendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }