Example 728x250
Berita PilihanTulang Bawang

Dinas Pariwisata Tanggamus Gelar Pelatihan Kelompok Usaha Ekonomi Kreatif

16
×

Dinas Pariwisata Tanggamus Gelar Pelatihan Kelompok Usaha Ekonomi Kreatif

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.CIM, Tanggamus_ Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus melalui Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) menggelar “Pelatihan Kelompok Usaha Ekonomi Kreatif” berupa pelatihan anyaman kepada 50 orang peserta.

Ke 50 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Kota Agung, yakni dari warga seputaran taman wisata pantai Muara Indah Kota Agung. Kemudian juga dari warga Kecamatan Kota Agung Barat dan Kota Agung Timur, pelatihan berlangsung di areal sentra kuliner Muara Indah,  Rabu (19/12/2018).

Kepala Dinas Pariwisata Retno Noviana Damayanti ST. MT. Mengatakan, tujuan diadakan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengusaha baik perorangan ataupun kelompok ekonomi kreatif, terutama dalam memperaktekan dalam pemilihan dan penggunaan bahan dasar pembuatan kerajinan anyaman yang benar.

Disamping itujuga untuk melatih masyarakat di sekitar taman muara indah, dapat berkreatifitas menciptakan produk-produk UKM yang berdaya saing dan inovatif sehingga dapat menciptakan daya jual serta dapat meningkatkan pendapatan bagi masyrakatnya.

“Dengan Pelatihan ini diharapkan agar masyarakat dapat berinovasi dan kreatif serta dapat membuka semacam usaha skala rumahan yang dapat menambah pendapatan keluarga,” ujarnya Retno.

Adapun sasaran dari penyelenggaraan pelatihan ini adalah usaha perorangan, atau kelompok usaha di Kabupaten
Tanggamus dan untuk jumlah peserta sendiri 50 orang peserta.

“Di harapkan selesai dengan pelatihan ini, produk-produk yang di hasilkan dapat di jual di sekitar tempat- tempat wisata, khususnya muara indah sebagai oleh-oleh yang dapat di beli oleh  pengunjung, “terang Retno.

Sementara hal yang serupa yang dikatakan Kepala Bidang Ekraf Zulia mendampingi Kepala Dinas Pariwisata pelatihan yang dilaksanakan merupakan program pembinaan Dispar, khususnya Bidang Ekraf.

Pelatihan ditujukan kepada perorangan ataupun kelompok masyarakat, dalam rangka meningkatkan keterampilan skala rumahan, dan tentunya diharapkan menambah pendapatan keluarga.

READ  Musim Penghujan Tiba Sertu Roy Martin Ajak Warga Bersihkan Siring Jalan

“Tahun ini untuk yang ke empat kalinya bidang ekraf menggelar kegiata serupa, untuk tahun ini kami memberikan pelatihan kerajinan tangan. Berupa anyaman berbahan strapping band menjadi tas belanja, wadah bumbu dan sebagainya, ” katanya.

Zulia menerangkan, perlu diketahui, bahwa bidang ekraf ini memberikan pelatihan anyaman yang dimodifikasi dengan warna ataupun corak motif.

Sehingga ada kreatifitas yang dihasilkan oleh pengrajin, seperti kali ini bidang ekraf memberikan pelatihan anyaman dengan motif lokal belah ketupat dan motif tapis.

“Dengan kreatifitas dan motif yang di tambahkan pada anyaman maka hasilnya lebih menarik. Dan tentunya diharapkan menjadu satu peluang usaha bagi si pengrajin, untuk membantu perekonomian keluarga, ” terangnya.

Zulia berharap kedepan kegiatan pelatihan kelompok usaha ekonomi kreatif tersebut tetap terlaksana, karena masih banyak peluang usaha bagi masyarakat. Utamanya diseputaran areal wisata untuk mengembangkan potensi diri yang mengarah kepada peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Kami wacanakan kedepan menggelar pelatihan dibidang kerajinan souvenir, karena di setiap areal wisata di Tanggamus. Belum ada yang berkreasi dengan menjual souvenir berciri khas lokal, ini yang ingin Dinas Pariwisata kembangkan kedepan, ” pungkasnya. (Sis).

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }