Example 728x250
Berita PilihanTulang Bawang

Ketua KPU Reka Punata.SH Launching Rumah Pintar Pemilu di Beri Nama Nuwow Margou Pak Demokrasi KPU TUBA

463
×

Ketua KPU Reka Punata.SH Launching Rumah Pintar Pemilu di Beri Nama Nuwow Margou Pak Demokrasi KPU TUBA

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM, Tulang Bawang_ Rumah Pintar Pemilu (RPP) sebagai upaya KPU dalam mengedukasi masyarakat dalam memahami tentang demokrasi dan kepemiluan,s elain itu RPP ini juga di harapkan sebagai upaya penyebarluasan informasi tentang demokrasi dan pemilu sehingga RPP bisa menjdi katalisator dalam mewujdukan demokrasi yang berkualitas, kredibel, berintegritas dan transfaran.

RPP ini juga sebagai sarana memfasilitasi para komunitas dan pengiat pemilu untuk melakukan berbagai hal apakah itu diskusi, riset dan silaturrahmi.

RPP ini kami beri nama Nuwou Margou Pak Demokrasi KPU Tuba. Hal ini selain untuk membumikan substansi pemilu dan demokrasi yg familiar dgn budaya lokal dan ikut serta dlm menghormati hak-hak masyarakat lokal yang berlandaskan adat istiadat.

Artinya demokrasi tidak bertentangan dengann adat, bahkan adat dan demokrasi seperti 2 sisa mata uang yang tidak dapat dipisahkan.

Adat Margou Pak misalnya, iconya burung garuda sedang menggigit kunci. Garuda ini dipercaya bahwa pada dahulu kala merupakan kendaraan raja Tulang Bawang dan kunci menandakan sebagai kunci pemberian nama/juluk adat bagi pengantin baru. Sementara klo dikaitkan dengan demokrasi, burung garuda dalam adat margou pak sebagai kendaraan raja/pemimpin, sedangkan pemilu sebgai kendaraan calon pemimpin dalam memperoleh dukungan masyarakat,dan kunci sebgai pemberi gelar bisa disamakan dengan hari pemungutan suara yang setiap orang calon akan dipilih dan terpilih. (Hartawan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }