Example 728x250
Berita PilihanLampung Tengah

Cinta Akan Budaya, Bupati Loekman Siap Kembangkan Dendang KIM Bagurau

9
×

Cinta Akan Budaya, Bupati Loekman Siap Kembangkan Dendang KIM Bagurau

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL. COM, LAMTENG— Bupati Lampung Tengah Hi. Loekman Djoyosoemarto didampingi sang Istri Ibu Hj. Ellya Luciana Loekman, dan beberapa Kepala SKPD menghadiri acara Dendang Kesenian Irama Minang (KIM) Bagurau yang diadakan oleh pemuda-pemudi di Dusun Kampung Baru Kelurahan Bandar Jaya Barat, Senin 1 Januari 2019.

Dendang KIM Bagurau merupakan salah satu Permainan Tradisional Khas Suku Padang Sumatra Barat yang mengandung lagu dan pantun, dimana masyarakat Minang mencoba keberuntungan untuk mendapatkan hadiah tanpa membayar.

“Acara Kim Bagurau ini biasanya diadakan setelah acara Resepsi Pernikahan (Baralek), atau saat Hari Besar seperti Hari Kemerdekaan, Idul Fitri, dan lain-lain,” ujar Bupati Loekman dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Loekman Djoyosoemarto juga mengucapkan terima kasih kepada pemuda-pemudi di Dusun Kampung Baru yang telah ikut perduli mengembangkan salah satu kebudayaan daerah. Beliau juga nampak terhibur saat menyaksikan Permainan Tradisional Minang, dan ikut serta mengisi kolom keberuntungan dalam acara tersebut.

“Saya beserta Istri merasa senang dan terhibur dengan Permainan Tradisional KIM Bagurau ini. Hiburan ini baru pertama kali saya temui disini. Kedepan Kebudayaan ini akan terus kita kembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat khususnya para generasi muda,” ungkapnya.

Bupati Gotong Royong ini juga menyatakan,  bahwa Kabupaten Lampung Tengah adalah Indonesia Mini, karena seluruh Kebudayaan Daerah di Indonesia ada di Lamteng. Oleh karena itu pihaknya siap mendukung Kebudayaan Khas Minang tersebut di Bumi Beguai Jaejamo Wawai.

“Kedepan, saya harap masyarakat dan pihak terkait dapat melestarikan Budaya Daerah nya masing-masing di Lampung Tengah. Sehingga akan menyatukan persatuan dan kesatuan yang kokoh dalam menjalani kehidupan sehari-hari.” pungkasnya.

Pantauan media dilokasi, dengan di iringi Musik Khas Daerah Minang Tambur (Padang Sumatera Barat), Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto beserta Istrinya Ibu Hj. Ellya Luciana Loekman di arak dengan Adat Budaya Minang. (Rendra)

READ  Kapolres Lamteng Terima Kunjungan FKUB, Ini Tujuannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }