Example 728x250
Bandar LampungBerita Pilihan

Direktorat Lalulintas Polda Lampung Bersama Komunitas kendaraan bermotor Gelar Kegiatan Millennial Road Safety Festival

536
×

Direktorat Lalulintas Polda Lampung Bersama Komunitas kendaraan bermotor Gelar Kegiatan Millennial Road Safety Festival

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM, Bandarlampung, __ Direktorat lalu lintas Polda Lampung mengadakan kegiatan Road Show/Touring Komunitas R2 +Roda Dua) dan R4 (Roda Empat) keliling kota Bandar Lampung mengambil garis start Rumah makan Begadang II menuju Taman hiburan rakyat di pesisir pantai Mutun.

Road Show/Touring ini berlangsung dipimpin oleh Karo Ops Polda Lampung Kombes Pol. Yosi Hariyoso dan dilepas, Dir Lantas Polda Lampung Kombes Pol. Kemas Ahmad Yamin, SH. S.IK selaku Ketua Pelaksana

Kombes pol Kemas Yamin Kepada media menyebutka Tujuan dan target dari terlaksananya kegiatan ini adalah untuk memberdayakan komunitas R2 dan R4 dalam mempublikasikan kepada seluruh lapisan masyarakat Lampung khususnya mensukseskan kegiatan Millennial Road Safety Festival serta memberdayakan generasi kaum millennial untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas guna tercapainya tujuan Road Safety Zero Accident,Terangnya.

Road Show Kampanye Keselamatan Berkendara ke Pantai Mutun, dan Trauma Healing Wisata ke Pantai.

Acara Millenial Road Safety Festival sebentar lagi bakal bergulir yakni, (3/1/2019), namun Direktorat Lalulintas Polda Lampung terus melakukan sosialisasi kemasyarakat.

Salah satunya dengan menggelar road show, yakni bersama dengan ratusan orang dari club’ motor, dan komunitas motor antik hingga vespa melaksanakan touring dalam kota dari Tugu Adipura menuju Pantai Mutun, kemudian rute mengelilingi kota Bandar Lampung terlebih pada Minggu (20/1/2018). Selain touring pamflet acara, dan petunjuk keselamatan berkendara berbentuk pamflet juga disebar ke komunitas motor dan ke warga.

Ratusan anggota Klub motor dari berbagai tipe, komunitas motor custom, hingga ladies Scooter Lampung (Vespa), serta para mitra ojek online berkendara bersama personil Polantas, sambil berkampanye tentang keselamatan berkendara, penggunaan pelindung yang sesuai, hingga mematuhi rambu lalulintas.

Karo Ops Polda Lampung Kombespol Yosi Hariyoso mengatakan, agenda roadshow tersebut semacam gladi resik hingga menuju hari H, dan juga mendorong generasi Milenial, yang kedepannya bakal menjadi pelopor keselamatan berkendara.

“Jadi di negara maju, banyak meninggal misal karena bencana, atau perang, di Indonesia malah angka kecelakaan jadi penyumbang angka kematian yang tinggi, makanya harus ditekan,” ujarnya Minggu (20/1/2019).

Selain itu rute road show touring dalam kota, ke Pantai Mutun juga sebagai bentuk trauma healing ke masyarakat, paska bencana Tsunami di Lampung Selatan, yang membuat wisata pantai lesu.

“Ini juga kita mau infokan kalau kondisi Lampung khusunya di Pesisir pantai, sudah aman, dan berwisata juga sudah tidak ada kendala di pantai,” katanya

Berdasarkan data dari Direktorat Polda Lampung, pada ekspos akhir tahun 2018, angka kecelakaan (Januari November), 1.872 kasus, naik dari 2017 yakni 1.815 kasus. Angka meninggal dunia 664 kasus, naik dari 2017 Yakni 460 kasus.
Kemudian berdasarkan paparan dari Korlantas Mabes Polri angka kecelakan 93% disumbang oleh faktor manusia, 3,7% dari faktor jalan, dan sisanya dari faktor Kendaraan dan cuaca.

Diharapkan para kaum Milenial bukan saja hanya paham dan cinta keselamatan berkendara untuk dirinya sendiri, melainkan bakal jadi pelopor yang nantinya bakal ditiru dan diteruskan ke generasi selanjutnya.

“Kita tumbuh kembangkan minat berkendara yang aman kaum milenial, usia produktif dari 17-34 tahun,” ujar Kemas Ahmad Yamin.

Disisi lain, komunitas Ladies scooter Lampung juga mendukung adanya acara tersebut. Meski, para anggota mengendarai motor vespa yang sudah tua, namun kondisi kendaraan, hingga kelengkapan keamanan seperti helm, sarung tangan, dan lain-lain tetap jadi hal yang utama dalam berkendara.

“Kita boleh motornya tua, tapi taat aturan, jadi kawan-kawan klub motor yang lain, juga harus bisa,” ujar Eli Suryani, anggota Ladies Scooter Lampung yang ikut dalam roadshow tersebut.(Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }