Example 728x250
Berita PilihanLampung Utara

Dukung Program Pemerintah Pusat, Kejari Lampura Jalankan JMS

23
×

Dukung Program Pemerintah Pusat, Kejari Lampura Jalankan JMS

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM, LAMPUNG UTARA __ Guna menindaklanjuti program pemerintah pusat yang dicanangkan di seluruh wilayah Indonesia dan harus diterapkan secara intensif, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Lampung Utara (Lampura), jalankan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

Adapun kegiatan sosialisasi dilaksanakan di halaman Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang, dengan dilakukan rangakaian games serta pembagian souvenir kepada para siswa yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh narasumber berupa peralatan tulis dan makanan ringan, kemudian pembagian tas sekolah untuk seluruh siswa agar JMS melekat dibenak mereka.

“Program JMS kali ini, kita (Kejari-red) hadir di SD Negeri 3 Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang,” ujar Kepala Kejari Lampura, Yuliana Sagala, SH MH, Rabu (19/06/2019).

Kajari Lampura menjelaskan, program JMS ini digelar untuk menumbuh kembangkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum dan pelajar secara khusus, karena sebagai generasi penerus memang seharusnya pelajar mendapat ilmu hukum sejak dini.

“Program ini sebenarnya bertujuan untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang, namun karena ini di tingkat sekolah dasar kami hanya memperkenalkan kejaksaan yang merupakan salah satu lembaga pemerintah,” terang Yuliana.

Menurut wanita berparas cantik menjabat Kajari di Bumi Ragam Tunas Lampung ini, di samping fungsi penegakan hukum, dalam kegiatan JMS hari ini, pihaknya juga melakukan rangakaian permainan (games) yang di ikuti seluruh murid penuh keakraban.

“Saya berharap dengan kehadiran kami disini, mereka dapat mengenal, mengetahui dan mengingat lembaga kejaksaan, melalui beberapa games yang tadi kita lakukan bersama. Ya minimal saya bisa memberikan sedikit kebahagiaan kepada mereka,” katanya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Lampura, Toto Sumedi, mengapresiasi Kejari Lampura yang telah mengadakan kegiatan JMS. Menurutnya, dengan adanya progam JMS tentunya akan berdampak positif bagi para siswa di sekolah.

READ  Serap Aspirasi Warga, Bupati Tanggamus Bersilahturahmi Dengan Masyarakat Pekon Kacapura

“Alhamdulilah, tadi mereka (siswa) sangat antusias atas hadirnya para Jaksa di sekolahnya. Dalam hal ini para Jaksa juga menyuguhkan sosialisasi agar mereka paham dan tidak bosan mengikutinya,” tutur Kadisdikbud Lampura.

Toto Sumedi juga berharap kegiatan serupa dilakukan di tiap-tiap sekolah di wilayah Lampura, seperti SMP dan tingkat SMA. “Dengan begita para siswa dapat mengerti tentang hukum, mengetahui bahaya pemakaian narkoba dan dapat terhindar dari pengaruh narkotika dan juga permasalahan hukum lainnya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Plt Kepala SD Negeri Negeri 3 Aji Kagungan, Firmansyah, mengucapkan terimakasih kepada Kejari Kotabumi yang telah hadir di sekolahnya.

“Meski sekolah kami ada di pelosok dan terpencil dengan jumlah murid hanya 74 orang, terdiri 6 rombel, serta 3 ruang kelas saja, tapi alhamdulilah ibu dan bapak jaksa mau hadir di sekolah kami,” ucapnya.

Selain para murid dapat mengenal Jaksa dari dekat, Firmansyah berharap dengan hadirnya Kepala Kejari bersama Kadisdikbud Lampura dapat membawa perubahan di sekolahnya.

“Mudah-mudahan kehadiran ibu Jaksa bersama pak kadis dapat membawa perubahan di sekolah kami, mengingat di sekolah ini masih banyak kekurangan seperti, kurang ruang kelas, belum ada WC, sumur dan listrik,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lampura, Yuliana Sagala, SH, MH, Kasi Intelijen, Hafiedzh, SH, MH, Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan, Nurmalina, SH, MH, Kasubbag Pembinaan, Feryando, SH, MH dan beberapa Kasubsi serta staf Kejari lainnya.

Turut hadir mendampingi JMS, Plt. Kadisdikbud Lampura, Toto Sumedi, S.sos, MM, dan Kasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar Disdikbud, Akwan Hadi, SH, beserta dua orang stafnya. (Edi)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }