Example 728x250
Berita PilihanLampung Tengah

DD 2019 di Kampung Karangendah Difokuskan Pada Pembangunan Jalan 

25
×

DD 2019 di Kampung Karangendah Difokuskan Pada Pembangunan Jalan 

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM, LAMPUNG TENGAH – Usai sukses melaksanakan pembangunan yang disalurkan melalui anggaran dana desa (DD) pada tahap pertama (I) untuk pembangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan sumur bor.

Kembali, kali ini Kampung Karang Endah, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah (Lamteng) memperioritaskan pembangunan, khususnya untuk jalan lapen dan jalan paping.

“Alhamdulillah, pembangunan tahap pertama bulan lalu kampung kita sudah selesai (membangun PAUD dan sumur bor). Ditahap kedua ini, kita utamakan jalan lapen dan paping dulu. Ini kami prioritaskan semata untuk menunjang kampung agar memiliki jalan atau gang-gang yang mulus. Supaya nggak tertinggal dari kampung-kampung lainnya,” ujar Pjs Kepala Kampung Karaendah, Soedega.

Kata bang Dega-sapaan akrabnya, pembangunan jalan lapen sepanjang 1.000 meter tersebut dilaksanakan di RT 28 Dusun V dan jalan paping dengan lebar 2 meter x 175 m di dusun 1 RT 1 Kampung Karang Endah.

Menurutnya, ia sangat bersyukur dengan adanya Dana Desa. Dimana dengan adanya ADD itu, geliat pembangunan semakin cepat. Terlebih, para pekerja seluruhnya melibatkan masyarakat kampung setempat. Alhasil, pembangunan sangat besar sekali manfaatnya bagi masyarakat sekitat.

”Program ini sangat berdampak positif untuk mengurangi angka pengangguran. Terlebih masyarakat juga dengan sendirinya merasa memiliki dengan adanya pembangunan ini,” ujarnya lagi.

”Selain untuk fisik, dana juga digunakan untuk pemberdayaan masyarakat seperti pembinaan PKK, Linmas, Aparatur Kampung, serta BUMK dan membeli keperluan kantor dan lain sebagainya. Saya berharap, dengan adanya pembangunan fisik dari dana ADD yang diperoleh dapat mempercepat pencapaian peningkatan jumlah dan kualitas pembangunan melalui peran aktif masyarakat dengan mendayagunakan sumberdaya lokal secara berkesinambungan,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Eko Sugiono sangat merasakan pembangunan melalui dana desa tersebut. Menurutnya, ini salah satu program yang bisa membuat kampungnya maju seperti kampung-kampung lainnya.

READ  Bujang Rahman Daftar Calon Rektor Unila

“Saya berharap kepada masyarakat, agar dapat menjaga dan memelihara pembangunan jalan lapen ini dan paving blok yang dibangun. Kalau bukan kita siapa lagi. Kan biar awet dan tahan lama Mas, kalau kita sama-sama menjaganya,” bener pria yang saat itu mengenakan baju hitam pakai caping. (Abdu)

Example 120x600

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }