Festival Teluk Semaka Tahun 2019 Resmi Dibuka

KARYANASIONAL.COM, TANGGAMUS – Perhelatan terbesar event tahunan Bumi Begawi Jejama, Festival Teluk Semaka tahun 2019 dengan mengangkat tema Kebayan Lampung secara resmi di buka Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, S.E. M.M.

Acara yang dipusatkan di Taman Wisata Air Terjun Way Lalaan, Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kota agung, Kabupaten Tanggamus, Selasa (17/09/2019) ini dengan mengexplore adat istiadat masyarakat Lampung, yang berkolaborasi bersama semua etnis yang ada di wilayah Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan yang diawali dengan penyambutan Bupati Kabupaten Tanggamus oleh Forkopimda Tanggamus, dilanjutkan dengan peresmian Gerai Ratu sebagai tempat pusat souvernir pengunjung taman wisata Air Terjun Way Lalaan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati kunjungi Stan UKM, Stan lomba mewarnai. Lalu disambut dengan persembahan pentas seni dari tiap kecamatan Kabupaten Tanggamus. Dalam kegiatan pembukaan juga dilaksanakan lomba memancing dan lomba mewarnai untuk anak-anak PAUD.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tanggamus Hj. Retno Noviana Damayanti, S.T. M.M., mengatakan, dengan di bukanya Festival Teluk semaka tujuannya ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas khusus nya warga Tanggamus.

“Betapa kaya nya bumi Tanggamus yang kita cintai ini, masih banyak potensi yang bisa kita manfaatkan baik potensi alam, maupun potensi kreatif generasi muda Tanggamus,” kata Retno.

Dengan adanya Festival Teluk Semaka ini, lanjut Retno, mari kita tunjukan melalui prestasi yang dapat memperkenalkan kearipan dan kebudayaan kita kepada masyarakat luas, agar mereka tau betapa mempesona nya Alam Tanggamus.

”Mari kita jaga dan saling bekerja sama dalam membangun Tanggamus, demi mewujudkan harapan kita semua, agar kedepan nya banyak inpestor asing dapat bekerja sama untuk membangun Tanggamus yang sejahtera. Karena harapan kita dengan melalui budaya, wisata dan pesona Tanggamus, kesejahteraan kita semua dapat terwujud dengan maksimal dan mudah,” imbuhnya Retno.

Sementara dalam sambutannya Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menyampaikan Festival Teluk SemakaTahun 2019 ini merupakan salah satu event budaya yang rutin terselenggara setiap tahun. “Melalui event ini kami ingin menyampaikan pesan kepada khalayak, akan beragaman budaya, kearifan lokal dan sekaligus menyajikan potensi-potensi wisata yang tidak kalah menariknya dengan destinasi wisata daerah lain yang ada di Provinsi Lampung,” ujar Bupati.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus selalu berkomitmen untuk mengembangkan sektor pariwisata dan melestarikan seni budaya daerah. Salah satunya adalah melalui penyelenggaraan event Festival Teluk Semaka. Event ini kami laksanakan dengan tujuan untuk mengekspos objek wisata dan potensi pariwisata serta budaya daerah yang ada di Kabupaten Tanggamus. Baik dalam skala lokal maupun mancanegara.

“Tentunya kami berharap melalui event ini, pariwisata Kabupaten Tanggamus akan mendapat perhatian dari berbagai kalangan yang berkepentingan dengan dunia pariwisata. Baik dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata

di Kabupaten Tanggamus, juga terhadap para investor yang ingin mengembangkan sektor pariwisata,” terang Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan akan memberikan informasi secara lengkap dan menyeluruh atas keberadaan objek wisata dan potensi pariwisata, serta khasanah adat dan budaya daerah yang ada di Kabupaten Tanggamus. “Sehingga pada akhirnya mampu menarik minat wisatawan untuk melakukan kunjungan wisata ke Kabupaten Tanggamus Diharapkan akan bisa menggerakkan roda perekonomian daerah melalui sektor pariwisata, dengan meningkatnya pendapatan masyarakat dan daerah,” pungkas Bupati.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE.,MM, Wakil Bupati Tanggamus

Hi. AM Syafi’i S.Ag, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arh Anang Hasto Utomo S.IP,.M.Han, Kapolres Tanggamus AKBP OCT Hesmu Baroto SIK. Kejari Tanggamus David Palapa Duarsa SH. MH. Para Asisten seluruh OPD, Seluruh Camat Se Kabupaten Tanggamus. (sis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.